Penggunaan Kode Respon Cepat untuk Pemahaman Menyimak di Sekolah Menengah Pertama
The Use of Quick Response Codes for Listening Comprehension in Junior High School
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunan QR codes dalam pemahaman mendengarkan untuk Sekolah Menengah Pertama dan respon siswa terhadap pemahaman mendengarkan untuk Sekolahh Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang diterapkan di kelas VIII SMP dengan melakukan pengamatan, wawancara, dan kuisioner. Intrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu catatan lapangan observasi, jawaban dari hasil wawancara siswa serta hasil kuisioner yang diperoleh melalui google form. Hasil dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran mendengarkan dengan menggunakan QR Codes sesuai dengan minat siswa dalam proses belajar mendengarkan. Disamping itu, penggunaan QR Codes dalam pembelajaran mendengarkan di kelas mendapat respon yang positif oleh siswa.
Kata Kunci: Mendengarkan, media pembelajaran, Quick Response Codes
Abstract
The study aims is to describe the use of QR Codes in listening comprehension for Junior High School and students’ responses toward the use of QR Codes in listening comprehension for Junior High School. This study used a descriptive qualitative method applied to eight grades of Junior High School through observation, interview, and questionnaire. The instruments used to collect the data among them are field notes, interviews sheet, and questionnaire in Google form. The results of the data showed that QR Codes are an appropriate medium to promote students’ listening skills because the use of QR Codes are simple and effective. Besides that, the use of QR Codes in learning listening in the class also got a positive response from students.
Keywords: Listening, learning media, Quick Response Codes