DEVELOPMENT OF MOTION GRAPHIC VIDEO MEDIA ON SICH VORSTELLEN GERMAN SUBJECTS FOR STUDENTS OF CLASS X SMA NEGERI 3 BOJONEGORO
Penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media video pembelajaran yang berjudul "Mari belajar Sich Vorstellen" yang layak digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran dan sebagai sarana sumber belajar bagi peserta didik pada materi sich vorstellen mata pelajaran Bahasa Jerman kelas X SMA Negeri 3 Bojonegoro .Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu model pengembangan PUSTEKKOM, yang terdiri dari 3 tahapan yaitu :1) Tahap perencanaan; 2) Tahap Produksi; 3) Tahap Evaluasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah Ahli materi yang terdiri atas 1 (satu) orang guru mata pelajaran Bahasa Jerman di SMA Negeri 3 Bojonegoro dan Ahli media yang berkompeten dalam bidang pengembangan media yang terdiri atas 1 (satu) dosen Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, minimal yang sudah menempuh Pendidikan S2. Dalam penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data yaitu angket kemudian dikonversikan menggunakan skala Linkert untuk mengukur persentase instrumen angket. Hasil dari uji validitas yang diperoleh dari ahli materi sebesar 94%, sedangkan dari ahli media sebesar 96% untuk media, dan 90% untuk bahan penyerta. Berdasarkam hasil uji validitas yang dikonversikan dalam skala pengukuran termasuk kedalam kategori sangat layak. Maka dapat disimpulkan bahwa media video motion graphic ini layak digunakan dalam pembelajaran.
This development research aims to produce a product in the form of a learning video media entitled "Let's Learn Sich Vorstellen" which is suitable for use in the process of learning activities and as a learning resource for students in Sich Vorstellen material for German language classes. Subject X at SMA Negeri 3 Bojonegoro. The development model used in this development research is the PUSTEKKOM development model, which consists of 3 stages, namely: 1) Planning Phase; 2) Production Phase; 3) Evaluation Phase. The trial subjects in this study were material experts consisting of 1 (one) German language teacher at SMA Negeri 3 Bojonegoro and media experts who were competent in the field of media development consisting of 1 (one) lecturer in the Department of Curriculum and Educational Technology. . at the State University of Surabaya at least have taken a master's degree. In this study, a data collection technique was used, namely a questionnaire and then converted using a Linkert scale to measure the percentage of the questionnaire instrument. The results of the validity test were obtained from material experts by 94%, while from media experts 96% for media, and 90% for accompanying materials. Based on the results of the validity test which is converted into a measurement scale, it is included in the very feasible category. So it can be concluded that this motion graphic video media is suitable for use in learning