Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Konsep Perpindahan Panas Berorientasi Problem Based Learning pada Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin
Perpindahan panas adalah salah satu mata kuliah di jurusan Teknik Mesin UNESA. Sistem pengajaran pada mata kuliah perpindahan panas terutama materi konsep perpindahan panas masih menggunakan sistem pengajaran tradisional atau ceramah, yang menyebabkan proses pembelajaran kurang maksimal. Hal ini dikarenakan belum adanya perangkat pembelajaran yang lengkap. Dengan kondisi seperti ini, perlu dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran materi konsep perpindahan panas yang diharapkan mampu memecahkan masalah dan mampu memudahkan mahasiswa menerima materi pembelajaran.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D yang terdiri dari Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Develope (pengembangan), Disseminate (penyebaran). dengan hasil berupa produk Perangkat Pembelajaran Materi Konsep Perpindahan Panas Berorientasi Problem Based Learning (PBL) yang sangat layak digunakan dari hasil uji kelayakan didapatkan dari aspek materi sebesar 86,11%, aspek bahasa sebesar 84,44% dan aspek desain sebesar 86.15% dengan rata-rata sebesar 85,71%. Semua aspek ermasuk kategori sangat layak.
Dalam penelitian ini didapatkan hasil belajar pengetahuan mahasiswa menggunakan pengujian Paired Samples T Test untuk pretest dan posttest diperoleh nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000. Nilai sig. tersebut < 0,05 sehinga Ha diterima menunjukkan bahwa terdapat perbedaan terhadap hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran yang menggunakan Perangkat Pembelajaran Materi Konsep Perpindahan Panas yang sangat signifikan secara statistik.
Peneliian ini juga melakukan Uji N-Gain score dengan hasil rata-rata sebesar 0,8417 dimana tergolong kategori sedang sehingga dapat disimpulkan bahwa efektivitas dari untuk melakukan studi simulasi komputasi Mata Kuliah Perpindahan Panas Berbasis terhadap hasil belajar mahasiswa tergolong Cukup Efektif
Pembelajaran menggunakan peroduk ini didapatkan respon mahasiswa pada aspek tampilan, penyajian materi, dan manfaat, yang dirata-rata mendapatkan hasil sebesar 91,64% dan masuk dalam kategori sangat baik yang disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan respon positif dari mahasiswa.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Perpindahan Panas.
Heat transfer is one of the courses in the UNESA Mechanical Engineering department. The teaching system in heat insulation courses, especially the heat insulation concept material, still uses traditional teaching systems or lectures, which causes the learning process to be less than optimal. This is because there is no complete learning tool. Under these conditions, it is necessary to develop learning materials for the concept of heat insulation which are expected to be able to solve problems and make it easier for students to receive learning material.
The type of research used in this research is a 4-D development model consisting of Define, Design, Develop, Disseminate. with the results in the form of Transfer Concept Material Learning Devices obtained Problem Based Learning (PBL) Oriented Heat which is very feasible to use from the results of the feasibility test of the material aspect of 86.11%, language aspect of 84.44% and design aspect of 86.15% with an average of 85.71%. All aspects are in very decent category.
In this study, student learning outcomes were obtained using the Paired Samples T Test for the pretest and posttest to obtain a Sig value. (2 tailed) of 0.000. sig. value it is < 0.05 so that the Ha received shows that there is a difference in student learning outcomes in learning using the Heat Transfer Concept Material Learning Tool which is statistically significant.
This study also conducted an N-Gain score test with an average result of 0.8417 which is classified as a moderate category so that it can be concluded that the effectiveness of conducting a simulation study of Heat Transfer Based Course on student learning outcomes is quite effective.
Learning to use this product elicited student responses in terms of appearance, presentation of material, and benefits, with an average yield of 91.64% and included in the very good category, which means that the learning tools developed received a positive response from students.
Keywords: Learning Devices, Problem Based Learning (PBL), Heat Transfer.