PELAKSANAAN LESSON STUDY GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF PEER SUPERVISION
THE IMPLEMENTATION OF LESSON STUDY IN ORDER TO IMPROVE THE QUALITY OF LEARNING IN PEER SUPERVISION PERSPECTIVE
Artikel ilmiah ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana pengembangan profesionalitas guru melalui praktik lesson study guna meningkatkan kualitas pembelajaran dalam perspektif peer supervision. Metode artikel ilmiah ini yaitu kajian literatur dengan menganalisis artikel dalam jurnal nasional maupun internasional serta buku. Adapun tahapan dalam penelitian ini yaitu identifikasi topik permasalahan, klasifikasi data penelitian, analisis data dan penarikan kesimpulan dan saran. Hasil studi literatur dalam penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan lesson study dalam perspektif supervisi teman sejawat dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Proses pelaksanaan lesson study sendiri pada artikel ilmiah ini terbagi dalam lima tahapan utama yakni membentuk kelompok, merencanakan research lesson, mengamati, mendiskusikan dan menganalisis pembelajaran serta merefleksikan praktik Lesson study. Pada artikel ilmiah ini menjelaskan terdapat tiga tahapan utama dalam pelaksanaan lesson study yaitu Plan (merencanakan), do (melaksanakan), dan see (merefleksikan). Adapun faktor yang mempengaruhi : (1) Hubungan harmonis antar guru, (2) Analisa kebutuhan yang hakiki. (3) Strategi dan media untuk menunjang supervisi teman sejawat. (4) Penilaian yakni proses sistematik untuk menentukan tingkat keberhasilan yang dicapai. (5) Perbaikan sesuai dengan hasil penilaian yang telah dilakukan. Pada penelitian ini juga ditemukan hambatan dan strategi yang dapat diterapkan oleh stakeholder terkait dalam proses pelaksanaan lesson study.
Kata Kunci : Lesson Study, Pembelajaran, Supervisi Sejawat
This article aims describe how professional development teachers through lesson study practices in order to improve quality learning from a peer supervision perspective. The method of scientific articles is literature review by analyzing articles in national and international journals and books. The stages in this research are identification problem topics, classification of research data, data analysis and drawing conclusions and suggestions. The results of the literature study in the study indicate that implementation lesson study in the perspective of peer supervision can improve the quality of learning. Process of implementing lesson study itself. In this article divides from five main stages, those are; forming groups, planning research lessons, observing, discussing and analyzing learning and reflecting on the practice of lesson study. Article explains that there are three main stages implementation of lesson study; plan, do, and see. There are several factors that affect (1) Harmonious relationship between teachers, (2) analysis of essential needs. (3) Strategies and media to support peer supervision. (4) Assessment, systematic processes determine the level of success achieved. (5) Improvement in accordance with the results assessment that has been done. This research also found obstacles and strategies that can be applied by relevant stakeholders in process of implementing lesson study.
Keywords : Lesson Study, Learning, Peer Supervision