Studi Kesukaan Responden Terhadap Jenang Makanan Khas Wonogiri
Study Of Respondents Likes On Jenang Wonogiri Special Food
ABSTRAK
Penilitian ini dilakukan dalam rangka membantu konsumen dari luar kota atau wisatawan yang berkunjung ke Wonogiri untuk memberi reverensi agar mempermudah dalam memilih jenang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kesukaan responden dari parameter warna, aroma, rasa, tingkat kekenyalan serta penerimaan produk secara keseluruhan terhadap ke lima merek jenang, dan 2) produk jenang terbaik yang paling disukai oleh responden dari ke lima merek jenang. Penelitian uji kesukaan ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Jenang yang digunakan sebagai sampel terdiri dari 5 macam jenang yang terdiri dari: 1)Jenang Ayu Ny. Hartini; 2) Jenang Keraton; 3)Jenang E.C.O; 4)Jenang Mayong; 5)Jenang Sidoharjo. Pengambilan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada responden konsumen Wonogiri. Penelitian ini menggunakan uji sensoris berupa uji hedonik untuk mengetahui tingkat kesukaan responden terhadap 5 produk jenang. Uji hedonik yang dilakukan yakni terhadap aspek warna, aroma, rasa, tingkat kekenyalan serta penerimaan produk secara keseluruhan dengan menggunakan skala hedonik yang kemudian diubah menjadi skala numerik. Sampel diuji oleh responden yang berjumlah 30 orang dan berdomisili di Wonogiri. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: 1) Tingkat kesukaan responden paling disukai dari segi rasa yaitu jenang Keraton (84%), dari segi warna paling disukai jenang E.C.O ( 80%), dari segi tingkat kekenyalan paling disukai jenang E.C.O (81%), dari segi aroma paling disukai jenang E.C.O (84%) dan; 2) Jenang E.C.O (82%) adalah produk jenang yang banyak disukai oleh responden karena penilaian sesuai dengan kriteria yang terdiri dari rasa, warna, tingkat kekenyalan dan aroma.
This research was conducted in order to help consumers from out of town or tourists visiting Wonogiri to provide references to make it easier to choose jenang. This study aims to determine: 1) the level of preference of respondents from the parameters of color, aroma, taste, level of elasticity and overall product acceptance of the five brands of jenang, and 2) the best jenang product that is most preferred by respondents from the five brands of jenang. This preference test research is a quantitative descriptive study. Jenang used as samples consisted of 5 kinds of jenang consisting of: 1) Jenang Ayu Ny. Hartini; 2) Jenang Keraton; 3)Jenang E.C.O; 4) Jenang Mayong; 5) Jenang Sidoharjo. Data were collected by distributing questionnaires to Wonogiri consumer respondents. This study used a sensory test in the form of a hedonic test to determine the level of respondents preference for 5 jenang products. The hedonic test was carried out on aspects of color, aroma, taste, level of elasticity and overall product acceptance using a hedonic scale which was then converted into a numerical scale. The sample was tested by 30 respondents who live in Wonogiri. The results of the study showed that: 1) The respondents favorite level in terms of taste was jenang Keraton (84%), in terms of color the most preferred was E.C.O jenang (80%), in terms of elasticity the most preferred E.C.O jenang (81%), from In terms of aroma, the most preferred is E.C.O. (84%) and; 2) Jenang E.C.O (82%) is a jenang product that is favored by many respondents because the assessment is in accordance with the criteria consisting of taste, color, level of elasticity and scent.