Pengembangan Model Pembelajaran Sirkuit untuk Perkembangan Pola Gerak Dasar Anak Autism Spectrum Disorder (ASD)
Development of a Circuit Learning Model to Develop Basic Movement Patterns in Children with Autism Spectrum Disorder (ASD)
Wulandari, Anita. 2022. Pengembangan Model Pembelajaran Sirkuit untuk Perkembangan Pola Gerak Dasar Anak Autism Spectrum Disorder (ASD). Jurusan Pendidikan Olahraga. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. (II) Prof. Dr. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd.
Kata-kata Kunci: model pembelajaran sirkuit, gerak dasar, autism spectrum disorder
Gerak merupakan salah satu aspek terpenting dalam perkembangan fisik. Ketika belajar bergerak, kita mengembangkan keterampilan motorik yang dapat diterapkan ke dalam tindakan motorik. Salah satu penentu kelancaran proses belajar pada bidang pengetahuan ataupun keterampilan ialah perkembangan fisik yang baik. Anak dengan penyandang Autism Spectrum Disorder (ASD), memiliki hambatan pada perilaku dan interaksi sosial, sehingga menyebabkan anak cenderung tidak melakukan aktivitas fisik dan asik dengan dunia mereka sendiri. Kebutuhan anak ASD dalam penguasaan gerak dasar sangat tinggi, mengingat kebutuhannya dalam kegiatan sekolah juga semakin besar. Seringkali anak ASD mengalami kesulitan dalam mengikuti gerakan-gerakan pada pembelajaran PJOK.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah bertujuan untuk membuat produk model pembelajaran sirkuit pola gerak dasar berbentuk sirkuit pada anak Autism Spectrum Disorder (ASD). Dengan adanya pembelajaran berbentuk sirkuit ini diharapkan anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) lebih tertarik dalam melakukan belajar gerak karena pembelajaran gerak model sirkuit memiliki gerakan yang tidak monoton dan bervariasi.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 7 langkah. Hal ini berkaitan dengan penyesuaian kondisi dan keadaan penelitian, instrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase.
Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini adalah model pembelajaran sirkuit dalam bentuk buku petunjuk dan video pelaksanaan. Berdasarkan hasil uji validasi yang dilakukan oleh ahli media diperoleh hasil persentase sebesar 100% dinyatakan bahwa produk sangat valid. Lalu dari ahli teknologi pembelajaran anak berkebutuhan khusus mendapatkan hasil sangat valid dengan persentase sebesar 90% . Berdasarkan hasil analisis data respon guru pada uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 84% dan pada hasil analisis data respon guru pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase 90%, sehingga dapat disimpulkan produk sangat valid dan kuat untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar.
Sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas produk yang dikembangkan ini, karena hasil pengembangan ini masih terbatas sampai tersusunnya sebuah produk saja.
Wulandari, Anita. 2022. Development of a Circuit Learning Model to Develop Basic Movement Patterns in Children with Autism Spectrum Disorder (ASD). Department of Sports Education. Postgraduate Program, State University of Surabaya. Supervisor (I) Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. (II) Prof. Dr. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd.
Key words: Circuit Learning Model, Basic Movements, Autism Spectrum Disorder
Movement is one of the most important aspects of physical development. When we learn to move, we develop motor skills that can be use to develop motor actions. Having good physical development is one of the determinants factor in the field of knowledge or skills in learning process. Children with Autism Spectrum Disorder (ASD) have barriers to behavior and social interaction, so they tend not to engage in physical activity and to be absorbed in their own world. The need for ASD children in mastering basic movements is very high, considering that their needs in school activities are also getting bigger. Often ASD children have difficulty following the movements in PE.
The purpose of this research and development is to make a circuit learning model product for basic movement patterns in the form of circuits in children with Autism Spectrum Disorder (ASD). With circuit learning models, it is hoped that children with Autism Spectrum Disorder (ASD) will be more interested in learning motion because this models has varied movements that are not monotonous.
In this study, researchers used the development model from Borg and Gall which was simplified into 7 steps. This is related to the conditions and circumstances of the research. The instrument used is in the form of a questionnaire containing the product designs that have been made. The data analysis technique used is qualitative and quantitative analysis in the form of percentages.
The products from this research and development are circuit learning models in the form of instruction manuals and video. Based on the results of the validation test conducted by media experts, it was obtained that the percentage is 100% stated that the product is very valid. Then from children with special needs learning technology experts the result is very valid with a percentage of 90%. Based on the results of teacher response data analysis in the small group trial the percentage is 84%. The results of teacher response data analysis in the large group trial the percentage is 90%, so it can be concluded that the product is very valid and very strong to be used as a learning resource.
It is better to carry out further research to determine the level of effectiveness of this product being developed, because the results of this development are still limited to the completion of a product.