ABSTRAK
Farochi, Muhammad Saifour. 2019. Manajemen Program Transisi bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Program Pascasarjana. Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing : (1) Dr. Mudjito,Ak. M.Si dan (2) Dr. Budiyanto, M.Pd
Kata Kunci : Program Transisi, Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi mengenai manajemen program transisi bagi peserta didik berkebutuhan khusus di SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo meliputi: (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pelaksanaan dan (4) pengawasan. Program transisi merupakan program yang dirancang berdasarkan hasil dari analisa kebutuhan, hambatan, bakat, minat serta harapan dari peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) untuk menyiapkan seoptimal mungkin dengan melibatkan perubahan yang paling komprehensif yang mungkin akan dihadapi PDBK guna menuju kehidupan pasca sekolah yang lebih baik. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan waktu penelitian dilaksanakan hingga data terkumpul dengan lengkap dan mendalam, mulai dari penyusunan sampai pada pelaporan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukan SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo telah menjalankan manajemen program transisi. Keberhasilan program transisi dapat terlihat dari banyaknya peserta didik berkebutuhan khusus yang terserap di dunia kerja dan berwirausaha. berdasarkan data hasil penelusuran tamatan SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo pada rentan tahun pelajaran 2016-2018 telah berhasil meluluskan 13 PDBK dimana sebanyak 54% telah bekerja, 31% melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, 8% wirausaha, 8% belum bekerja. Sedangkan kendala yang dihadapi sekolah terkait program transisi seperti belum adanya pedoman detail terkait program transisi, terbatasnya anggaran, kurangnya dukungan dunia usaha/dunia industri (DU/DI) pada proses praktik lapangan dan prekrutan PDBK. Solusi yang dilakukan sekolah seperti dengan melakukan kajian internal tentang program transisi, mengajak peran aktif komite inklusi dan mengupayakan untuk terus mempromosikan prestasi dan potensi PDBK pada DU/DI.
ABSTRACT
Farochi, Muhammad Saifour. 2019. Management Transition Program for Students with Special Needs in SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo. Exceptional Education Program, Graduate School. Surabaya State University. Supervisor: (1) Dr. Mudjito, Ak. M.Si and (2) Dr. Budiyanto, M.Pd
Keywords: Transition Program, Students with Special Needs, Inclusive Education.
This study aims to explore the management of the transition program for students with special needs in SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo include: (1) planning, (2) organization, (3) implementation and (4) monitoring. Transitional program is a program designed based on the results of the analysis of needs, obstacles, talents, interests and expectations of learners with special needs (PDBK) to prepare optimally by involving changes in the most comprehensive that may be encountered PDBK order to life after school better , This study design using qualitative approach with descriptive method. Data were collected by interview, observation and documentation. While the research time executed until the data is collected with a complete and in-depth,
The results showed SMK Negeri 1 Sidoarjo Buduran Sidoarjo has run the program management transition. The success of the transition program can be seen from the number of students with special needs are absorbed in the world of work and entrepreneurship. search results based on data from graduates of SMK Negeri 1 Buduran in susceptible 2016-2018 school year has successfully passed 13 Students with Special Needs which as many as 54% have been working, 31% continue to pursue a higher education, 8% self-employment, 8% have not worked, While problems in the school-related programs such as the lack of transition related detailed guidance transition program, limited budgets, lack of support from the business / industry (DU / DI) on the practice field and prekrutan Students with Special Needs. Solutions are schools such as with an internal review of the transition program, encouraging active participation and inclusion committee strive to continue to promote the achievements and potential Students with Special Needs on the business / industry.