Profil Penalaran Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau dari Perbedaan Gender
Reasoning profile of senior high school in solving geometry problems in terms of gender differences
ABSTRAK
Hamdi, Rajib Syahrul. 2023. Profil Penalaran Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau dari Perbedaan Gender. Tesis, Program studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing : (1) Dr. Agung Lukito, M.S. dan (2) Dr. Janet Trineke Manoy, M.Pd.
Kata Kunci: profil penalaran, masalah geometri, gender.
Profil penalaran merupakan gambaran atau deskripsi tentang proses berpikir logis dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan penentuan sebuah simpulan dengan menggunakan pengetahuan yang dimiliki dalam struktur kognitif. Indikator yang digunakan untuk mengungkapkan profil penalaran meliputi memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan melihat kembali hasil yang sudah diselesaikan. Geometri merupakan bagian matematika yang membahas tentang bentuk dan ukuran dari suatu objek yang memiliki keteraturan tertentu. Masalah geometri adalah soal berupa geometri (dimensi tiga) yang proses penyelesaiannya tidak tersedia prosedur rutin. Sementara itru , perbedaan gender memengaruhi profi penalaran dalam menyelesaikan masalah geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil penalaran siswa SMA dengan gender laki-laki maskulin dan perempuan feminine dalam menyelesaikan masalah geometri. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 1 Sidayu tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah dua siswa kelas XI yang memiliki kemampuan matematika yang setara. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara subjek secara mendalam berdasarkan Tugas Penyelesaian Masalah Geometri. Tugas Penyelesaian Masalah Geometri berupa soal geometri uraian. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi waktu untuk memperoleh data yang kredibel. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki maskulin menggunakan berpikir logis dalam menyelesaikan masalah dengan lebih bersifat analitis dalam memberikan argumen yang tepat. Sedangkan perempuan feminin menggunakan berpikir logis dalam menyelesaikan masalah namun dalam memberikakan argumen kurang bersifat analitis. Hal ini menunjukkan bahwa profil penalaran siswa laki-laki maskulin dalam menyelesaikan masalah geometri lebih baikj dibandingkan perempuan feminin. Perbedaan profil penalaran mengakibatkan kemampuan siswa dalam aktivitas matematika akan berdampak pada hasil belajar siswa.
ABSTRACT
Hamdi, Rajib Syahrul. 2023. Reasoning Profile of Senior High School Student in Solving Geometri Problem Based on gender differences. Thesis, Mathematics Education, Postgraduate, State University of Surabaya. Supervisor: (1) Dr. Agung Lukito, M.S. dan (2) Dr. Janet Trineke Manoy, M.Pd.
Key Words: reasoning profile, geometri problem, gender.
Reasoning profile is description of the process of logical thinking in solving mathematical problems related to determining a conclusion using the knowledge possessed in the cognitive structure. The indicators used to reveal the profile of reasoning include understanding the problem, making a settlement plan, carrying out the settlement plan, and looking back at the results that have been resolved. Geometry is a part of mathematics that discusses the shape and size of an object that has a certain regularity. Geometry problems are problems in the form of geometry (three dimensions) for which routine procedures are not available for solving. Meanwhile, gender differences affect the reasoning profess in solving geometric problems. This study aims to describe the reasoning profiles of high school students with masculine male and feminine gender in solving geometric problems. This descriptive research with a qualitative approach was carried out in class XI of SMA Negeri 1 Sidayu in the 2022/2023 academic year. The subjects of this study were two students of class XI who had equal mathematical abilities. Data collection was carried out by in-depth subject interviews based on the Geometry Problem Solving Task. Geometry Problem Solving Tasks in the form of description geometry questions. In collecting data using time triangulation techniques to obtain credible data. Data analysis was carried out by condensing data, presenting data, and drawing conclusions. The results showed that masculine male students used logical thinking in solving problems with a more analytical nature in giving appropriate arguments. Whereas feminine women use logical thinking in solving problems but in giving arguments they are less analytical. This shows that the reasoning profile of masculine boys in solving geometry problems is better than feminine girls. Differences in reasoning profiles result in students' abilities in mathematical activities will havetesi an impact on student learning outcomes.