ABSTRAK
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DALAM KETERAMPILAN BERDIALOG BAHASA MANDARIN SISWA
KELAS X BAHASA SMA NEGERI 1 CERME GRESIK TAHUN AJARAN 2018-2019
Nama : Citra Mega Ferisarani
NIM : 15020774053
Prodi : Pendidikan Bahasa Mandarin
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga :
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr.Urip Zaenal Fanani,M.Pd
Tahun : 2019
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Take and Give , Keterampilan Berdialog.
Bahasa merupakan suatu komponen yang
penting bagi manusia yaitu sebagai alat komunikasi untuk saling berhubungan.
Dalam mempelajari bahasa Mandarin terdapat 4 aspek keterampilan yang harus di
kuasai siswa. Salah satu aspek yang harus dipelajari yaitu berbicara dengan
keterampilan berdialog bahasa Mandarin. Model pembelajaran yang digunakan oleh
peneliti adalah Take and Give yang
bertujuan mengajak siswa terlibat secara aktif dalam menyampaikan informasi
materi yang telah mereka terima kepada siswa lain dengan menggunakan kartu yang
di dalamnya berupa materi yang harus dipahami dan dihafalkan oleh siswa yaitu
teks dialog bahasa Mandarin. Sehingga dapat melatih keterampilan berdialog
siswa dalam pembelajaran berbicara lebih baik. Pembelajaran berbicara termasuk
aspek yang sulit dipelajari dalam pembelajaran bahasa Mandarin.
Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui penerapan model pembelajaran Take
and Give dalam keterampilan berdialog bahasa Mandarin siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Cerme, keefektifan
penerapan model pembelajaran Take and
Give dalam keterampilan berdialog bahasa Mandarin siswa kelas X Bahasa SMA
Negeri 1 Cerme, dan respon siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Cerme terhadap
penerapan model pembelajaran Take and
Give dalam keterampilan berdialog bahasa Mandarin.
Penelitian
ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis pendekatan dalam penelitian ini
berupa pre-experimental design yaitu
hanya menggunakan 1 kelas sebagai kelas eksperimen dengan bentuk one group pre-test post-test design . Dalam penelitian ini,
populasinya adalah seluru siswa kelas X SMA Negeri 1 Cerme yang berjumlah 429
siswa dari 12 kelas yang terdiri dari 8 kelas IPA, 3 kelas IPS, dan 1 kelas
Bahasa. Sedangkan, sampelnya yaitu kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Cerme dengan
jumlah 33 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Dalam
penelitian ini, terdapat 3 lembar instrumen penelitian yaitu lembar observasi
aktivitas guru dan siswa, lembar pre-test
dan post-test , serta lembar
angket respon siswa.
Hasil
analisis data pada penelitian ini telah menjawab ketiga rumusan masalah yaitu :
1) Pada analisis data observasi aktivitas guru diperoleh hasil 69% pada pertemuan
pertama dengan kategori baik sedangkan pertemuan kedua 81% dengan kategori
sangat baik setelah di beri perlakuan. Pada lembar observasi aktivitas siswa
diperoleh hasil pada pertemuan pertama 67% sedangkan 82% pada pertemuan kedua
dengan kategori sangat baik setelah diberi perlakuan dan di beri lembar post-test . Hal tersebut dapat dilihat
pada tabel skala likert . 2) Penerapan
model pembelajaran Take and Give dalam
pembelajaran berbicara terhadap keterampilan berdialog bahasa Mandarin
mengalami kenaikan yang signifikan. Nilai pre-test
siswa mendapat nilai rata-rata 49,43 dan nilai ata-rata post-test siswa 77. Hasil
analisis t-signifikasi diperoleh nilai batas penerimaan t (5% . 31) atau t
(0,05 . db) = (0,05 . n-1) = (0,05 . 31) maka t 1,55 dan t-signifikasi t = 22,5. Jadi, t =22,5 > t = 1,55 ,diketahui H0
ditolak dan H1 diterima.
Maka, dapat disimpulkan bahwa t-signifikasi
pada penerapan model pembelajaran Take
and Give terbukti efektif dan signifikan terhadap keterampilan berbicara
khususnya dalam berdialog bahasa Mandarin siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1
Cerme. 3) Hasil analisis angket respon siswa dengan 10 pernyataan secara
keseluruhan telah diperoleh dengan rata-rata presentase 81%-100%. Jadi, dapat
disimpulkan bahwa respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Take and Give sangat setuju dan
mempunyai pengaruh positif dalam pembelajaran berbicara terhadap
keterampilan berdialog bahasa Mandarin
siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Cerme.