ABSTRAK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN SISWA KELAS X APK DI SMK 2 KRIAN
Nama : Rizki Maulana Hamdani
NIM : 14080314025
Program Studi : S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Jurusan : Pendidikan Ekonomi
Fakultas : Ekonomi
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Brillian Rosy, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada kompetensi dasar menerapkan penanganan surat masuk kelas X APK SMK 2 Krian. Penelitian ini dilaksanakan di SMK 2 Krian tahun pelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design (Eksperimen Semu) dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XAPK di SMK 2 Krian, dimana kelas X APK 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X APK 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah sebesar 49,85, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 53. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah sebesar 87,28, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 82,71. Selisih nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah sebesar 37, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 30.
Berdasarkan hasil analisis uji t posttest, diperoleh nilai thitung sebesar 3,962 dengan taraf signifikansi sebesar 0,006. Sedangkan nilai ttabel diketahui sebesar 1,995. Hasil ini menunjukkan bahwa t-test < 0,05 yaitu 0,006 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 3,962 > 1,995. Sementara berdasarkan hasil analisis uji t selisih nilai pretest dan posttest diperoleh nilai thitung sebesar 2,850 dengan taraf signifikansi sebesar 0,00. Sedangkan diketahui nilai ttabel sebesar 1,995 dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa t-test < 0,05 yaitu 0,00 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 2,850 > 1,995. Berdasarkan hasil uji t di atas, maka H1 diterima dan Ho ditolak.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada kompetensi dasar menerapkan penanganan surat masuk kelas X APK SMK 2 Krian, dimana hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Picture and Picture.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar
ABSTRACT
THE INFLUENCE OF LEARNING TYPE OF PICTURE AND PICTURE MODELS ON THE RESULTS OF LEARNING ON THE STUDY ARCHIVAL SUBJECT OF GRADE X STUDENTS at SMK KRIAN
Name : Rizki Maulana Hamdani
Reg. Number : 14080314025
Major : S-1 Office Administration Education
Departement : Economic Education
Faculty : Economic
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Advisor : Brillian Rosy, S. Pd., M. Pd.
This research aims to know the difference results of learning by using learning model Picture and Picture on the basiC competence BY apply the handling of incoming mail GRADE X APK at SMK 2 Krian. This research was HELD at SMK 2 Krian IN the academic year 2017/2018.
The type of this research is experiment research using a Quasi Experimental Design (eksperimen semu) with Nonequivalent Control Group Design. The subject of this research is the whole grade X APK at SMK 2 Krian, which is the grade X APK 1 as experimental class and grade X APK 2 as a control class. Research instrument that was used is the test sheet. data collection technique used the documentation, test and observation.
The results showed that the average value of pretest in experimental class is 49.85, whereas in the control class is 53. The average value of posttest in experimental class is 87.28, whereas in the control class is 82.71. The difference in the average value of pretest and posttest on experiment class is 37, whereas in the control class is 30.
Based on the results of the analysis of the T test posttest, obtained the value of Thitung 3.962 with a significance level of 0.006. While the value of the table is known at 1.995. These results indicate that the t-test < 0.05 is 0.006 < 0.05 and thitung > ttabel is 3.962 > 1.995. While based on the analysis results of t test the difference value of pretest and posttest retrieved the value of thitung 2.850 with a significance level of 0.00. Whereas it is known that the t table value is 1.995 with a significance level of 0.05. These results indicate that the t-test < i.e. 0.05 0.00 < 0.05 and thitung > ttabel i.e. 2.850 > 1.995. Based on the results of the test t above, H1 is accepted and Ho is rejected.
Thus, it can be concluded that there is a difference in the results of learning by using learning model Picture and Picture on the basic competencies by apply the handling of incoming mail grade X APK SMK 2 Krian, which is learning outcomes students use the learning model Picture and Picture is higher than the results of a study of students who did not use the learning model Picture and Picture.
Keywords: Learning Models Picture and Picture, the results of the Study.