Pengembangan Model Talent Management Untuk Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik
Kata-kata kunci: Talent Management, Pengembangan model Talent Management dan kinerja tenaga pendidik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketepatan, kepraktisan dan kegunaan dari Pengembangan Model Talent Management. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan desain pengembangan dan prosedur model pengembangan Four-D yang dikembangkan (Thiagarajan et al., 1974) dengan menerapkan empat tahapan pengembangan diantaranya: (a) pendefinisian (define), (b) perancangan (desaign), (c) pengembangan (develop), (d) penyebaran (disseminate) .Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilakukan dengan tujuan pengembangan produk baru. Subjek penelitian adalah tenaga pendidik dan seluruh elemen yayasan pendidikan. Ujicoba untuk ketepatan, kepraktisan menggunakan instrumen-instrumen penilaian oleh validator ahli dan untuk kegunaan menggunakan instrumen penilaian yang digunakan oleh tenaga pendidik. Tekhnik pengumpulan data dengan wawancara, obsevasi dan studi dokumen dilapangan.
Hasil penelitian dan pengembangan produk yang dihasilkan adalah pengembangan Model Talent Management, Buku Panduan Talent Management dan instrumen Talent Management. Tujuan pengembangan model talent management untuk meningkatkan kinerja tenaga pendidik. Produk model pengembangan tersebut telah memenuhi uji penilaian dari aspek ketepatan, keefektifan dan kegunaan produk, yang mana aspek ketepatan telah memenuhi persyaratan diantaranya hasil validasi akhir dikategorikan bahwa produk model sangat tepat dan dapat digunakan dilembaga. Hasil penilaian ketepatan produk menunjukkan bahwa buku panduan talent management sangat tepat dan dapat digunakan. Ketepatan instrumen lembar penilaian talent management mendapat kategori sangat tepat dan bisa digunakan. Penerapan dan kefektifan instrumen mendapatkan kategori sangat tepat dan bisa digunakan. Hasil uji coba menunjukan produk efektif karena mampu digunakan dalam penilaian kinerja tenaga pendidik. Dengan hasil akhir menunjukkan kriteria kinerja guru-guru diseluruh unit sangat tinggi atau tidak ada kesenjangan kerja. Kegunaan produk melalui responden guru menunjukkan kategori kegunaan produk baik atau tepat kegunaannya.
This study aims to describe the accuracy, practicality and usefulness of Talent Management Model Development. This research and development uses the development design and procedures for the Four-D development model that was developed (Thiagarajan et al., 1974) by applying four stages of development including: (a) defining, (b) desaign, (c) development, (d) dissemination. This research uses a qualitative approach and is carried out with the aim of developing new products. The research subjects are educators and all elements of educational foundations. Trials for accuracy, practicality using assessment instruments by expert validators and for usefulness using assessment instruments used by educators. The technique of collecting data is by interviewing, observing and studying documents in the field.
The results of research and product development are the development of Talent Management Models, Talent Management Handbooks and Talent Management instruments. The purpose of developing a talent management model is to improve the performance of educators. The product development model has met the assessment test from the aspects of accuracy, effectiveness and product usability, where the accuracy aspect has met the requirements including the final validation results categorized that the model product is very appropriate and can be used in institutions. The results of the product accuracy assessment show that the talent management manual is very precise and can be used. The accuracy of the talent management assessment sheet instrument is categorized as very precise and can be used. The applicability and effectiveness of the instrument was categorized as very precise and usable. The results of the trial show that the product is effective because it can be used in assessing the performance of educators. The final results show that the performance criteria of teachers in all units are very high or there is no work gap. The usefulness of the product through the teacher's respondents indicates the category of product usefulness is good or appropriate for its use.