Tujuan penelitian ini
adalah; (1) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran meng-gunakan media video
tutorial, (2) mengetahui respon siswa melalui penerapan media video tutorial,
(3) mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan media video tutorial.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
analisis data deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI Busana 1 di SMA N 3 Kediri yang terdiri dari 36 siswa. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi, angket respon siswa, dan tes hasil
belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
keterlaksanaan penggunaan media video tutorial perolehan rata-rata hasil
persentase sebesar 81,3%(baik) pada kegiatan guru dan 81,5%(baik) pada kegiatan
siswa, (2) respon siswa terhadap penggunaan media video tutorial diperoleh
persentase sebesar 79% siswa yang menjawab sangat setuju. (3) hasil belajar
siswa pada ranah kognitif meningkat dengan adanya media video tutorial,
peningkatan rata-rata pada pra siklus sebesar 69,6, pada siklus I sebesar 74,7,
siklus II sebesar 81,3, dan pada siklus III sebesar 86,25. Sedangkan
peningkatan hasil belajar ranah psikomotor juga mengalami peningkatan dari
hasil pada siklus I sebesar 72,9, siklus II 82,1 dan siklus III 84,7. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media video tutorial
kompetensi sulaman pita dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 3
Kediri.
Kata kunci: media video tutorial,
kompetensi sulam pita, hasil belajar, PTK