Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Edukasi Seni Kampung Dongeng Jombang dalam Membangun Brand Awareness
Strategy Marketing Communication for Art Education Tourism of Kampung Dongeng Jombang in Building Brand Awareness
Kampung Dongeng atau yang biasa disebut (KaDo) menjadi salah satu wisata edukasi seni diantara destinasi wisata lain di Kabupaten Jombang yang menyediakan kegiatan-kegiatan berbeda satu dengan yang lain. Perlu adanya sebuah bentuk interaksi agar tujuan dan sasaran pemasaran dapat tercapai secara efektif dan efisien melalui komunikasi pemasaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi Komunikasi pemasaran yang dilakukan Kampung Dongeng Jombang dalam membangun brand awareness. Untuk menjawab dari tujuan Penelitian, peneliti menggunakan mix Marketing 7P antara lain: Product, Price, place, Promotion, People, Phyical Evidance, dan Process. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data dilakukan di Kampung Dongeng Jombang, Sambi Gelar, Pojok Kulon, Kec Kesamben Kabupaten Jombang melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Kampung dongeng Jombang berfokus pada 5 aspek yaitu promosi melalui publicity and public relations, Event and Experience, Personal Selling, Internet, dan Word of Mouth dan Product, price, people, Physical Evidance yang menunjang promosi. Strategi Komunikasi Pemasaran untuk membangun brand awareness yang dilakukan Kampung Dongeng Kabupaten Jombang berhasil dilakukan dan membuat masyarakat dari Unware menjadi mulai mengenali dan sadar adanya wisata edukasi Kampung Dongeng Jombang.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Wisata Edukasi, Brand Awareness
Kampung Dongeng (kado) is one of the artistic studies among other tourist destinations in the jombang county that provide different activities from one another. There needs to be an interaction in order for the purposes of marketing to be effectively and efficiently achieved through marketing communication. The goal of research is to learn about a marketing strategy made by a Kampung Dongeng Jombang in building a brand awareness. To answer from research purposes, researchers used 7P marketing mix which is : Product, Price, Place, Promotion, People, Phyical Evidance, and Process. The Research uses descriptive qualitative methods with a case study approach. Data taken in the village of Jombang, Sambi Gelar, Pojok Kulon, kecamatan Sumobito, Kabupaten jombang through deep interviews, observation, documentation, and literature studies. Research has found that the Kampung Dongeng Jombang focuses on 5 aspects of promotion through transparency and public relations, events and experience, personal relations, the Internet, and word of mouth and product, price, people, physical Evidance supporting promotion. The market communication strategy for building a brand awareness that works on the Kampung Dongeng Jombang is a success and makes the people of the unware grow to recognize and aware the educational art tourism Kampung Dongeng Jombang.
Keywords: Marketing Communications, Educational Tourism, Brand Awareness