EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH DASAR PADA KESENIAN JARANAN DI KOTA KEDIRI
EXPLORATION OF ELEMENTARY SCHOOL MATHEMATICS CONCEPTS TOWARDS JARANAN ART IN KEDIRI CITY
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep matematika sekolah dasar pada kesenian jaranan di Kota Kediri, menjelaskan implementasi pembelajaran matematika sekolah dasar yang dikaitkan dengan kesenian jaranan di Kota Kediri serta menjelaskan respon peserta didik dan guru terhadap pembelajaran matematika sekolah dasar yang dikaitkan dengan kesenian jaranan di Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data menurut Spradley yang meliputi analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan analisis tema kultural. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat konsep matematika pada kesenian jaranan di Kota Kediri berupa geometri yaitu bangun datar yang meliputi persegi panjang, segitiga, lingkaran, trapesium, dan belah ketupat. Konsep matematika yang ditemukan pada penelitian ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran kontekstual berbasis kebudayaan lokal di sekolah dasar. Implementasi pembelajaran ini mendapatkan respon yang baik dari peserta didik di mana seratus persen (100%) peserta didik sangat setuju bahwa pembelajaran matematika yang dilakukan sangat menyenangkan dan membawa banyak manfaat. Selain itu sembilan puluh delapan (98%) peserta didik sangat setuju bahwa pembelajaran matematika ini membuat mereka lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Berdasarkan respon dari guru matematika, penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi peserta didik dan sumber referensi bagi guru untuk menyusun dan menerapkan pembelajaran matematika yang kontekstual berbasis kebudayaan lokal.
Kata Kunci: Eksplorasi, Konsep Matematika, Kesenian Jaranan, Etnomatematika
This research aims to describe elementary school mathematical concepts in the traditional Jaranan art of Kediri City, to explain the implementation of elementary school mathematics learning related to Jaranan art in Kediri City, and to describe the responses of students and teachers to elementary school mathematics learning associated with Jaranan art in Kediri City. This study uses a descriptive qualitative research type with an ethnographic approach. The data collection techniques used in this study are observation, interviews, and documentation. The data analysis employed in this research follows Spradley's method, which includes domain analysis, taxonomic analysis, componential analysis, and cultural theme analysis. The results of this study show that there are mathematical concepts in the Jaranan art of Kediri City in the form of geometry, specifically plane figures, including rectangles, triangles, circles, trapezoids, and rhombuses. The mathematical concepts found in this study can be implemented in contextual learning based on local culture in elementary schools. The implementation of this learning received positive responses from students, with one hundred percent (100%) of the students strongly agreeing that the mathematics learning was very enjoyable and beneficial. Additionally, ninety-eight percent (98%) of the students strongly agreed that this mathematics learning made it easier for them to understand the material being taught. According to the responses from mathematics teachers, this research can be used as a learning resource for students and as a reference for teachers in designing and implementing contextual learning based on local culture.
Keywords: Exploration, Mathematical Concepts, Jaranan Art, Ethnomathematics