THE ROLE OF PARENTS IN LEARNING MOTIVATION FOR PACKAGE B CLASS VIII STUDENTS AT
SKB GUDO JOMBANG
Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utama. Peran orang tua merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Namun masih banyak orang tua yang belum memahami dan menyadari perannya dalam memotivasi belajar peserta didik. Di lingkungan paket B SKB Gudo Jombang, peran orang tua dalam motivasi belajar peserta didik paket B kelas VIII SKB Gudo Jombang telah dilaksanakan tetapi masih perlu adanya pengoptimalan lagi karena tingkat motivasi belajar peserta didik yang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis peran orang tua dan motivasi belajar peserta didik paket B Kelas VIII SKB Gudo Jombang.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian 9 orang informan yang terdiri dari 1 orang ketua penyelenggara program kesetaraan paket B , 4 orang peserta didik kelas VIII paket B serta 4 orang tua peserta didik kelas VIII paket B yang memiliki kategori motivasi tertentu, yakni peserta didik dengan motivasi belajar rendah, peserta didik dengan motivasi belajar sedang, peserta didik dengan motivasi belajar tinggi, peserta didik dengan motivasi belajar tinggi dan bekerja. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Peneliti menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap orang tua memiliki cara yang berbeda antara satu dengan lain dalam memberikan motivasi belajar kepada peserta didik antara lain 1) memberikan motivasi berupa kata-kata 2) memberikan motivasi berupa tindakan 3) memberikan hadiah. Peserta didik kelas VIII paket B SKB Gudo Jombang memiliki tingkat motivasi belajar yang bervariasi dengan beberapa aspek yang perlu diperhatikan, antara lain berkaitan dengan 1) ketekunan dalam mengerjakan tugas, 2) keuletan dalam menghadapi kesulitan, 3) menunjukkan minat terhadap pembelajaran, 4) lebih senang bekerja secara mandiri, 5) cepat bosan terhadap tugas yang berulang, 6) dapat mempertahankan pendapat, 7) tidak mudah melepaskan hal yang diyakini, dan 8) senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Peran Orang Tua, Peserta Didik Paket B
Family is the first and main educational environment. The role of parents is one of the external factors that influences students learning motivation. However, there are still many parents who do not understand and realize their role in motivating students' learning. In the SKB (District Technical Office for Early Childhood, Nonformal and Informal Education) Gudo Jombang package B (National Junior High School Equivalency) environment, the role of parents in the learning motivation of package B students for class VIII SKB Gudo Jombang has been implemented but there is still a need for further optimization because the level of students' learning motivation varies. This research is aimed to examine and analyze the role of parents and learning motivation of students package B Class VIII SKB Gudo Jombang.
Method used to conduct the research is used descriptive qualitative approach with the research subjects being 9 informants consisting of 1 head of the package B equality program organizer, 4 class VIII package B students and 4 parents of class VIII package B students who have certain motivation categories, namely students with low learning motivation, students with medium learning motivation, students with high learning motivation, students with high learning motivation and working. The researcher use several techniques for data exploration, by using in-depth interview, observation and documentation. The researcher use for validity of the data by using triangulation and member check techniques.
The results of the research show that each parent has a different way of providing learning motivation to students, including 1) providing motivation in the form of words 2) providing motivation in the form of actions 3) giving gifts. Class VIII students of package B SKB Gudo Jombang have varying levels of learning motivation with several aspects that need to be considered, including those related to 1) persistence in doing assignments, 2) tenacity in facing difficulties, 3) showing interest in learning, 4) more likes working independently, 5) gets bored quickly with repetitive tasks, 6) can defend opinions, 7) doesn't easily give up things he believes in, and 8) likes finding and solving problems.
Keywords: Learning Motivation, Role of Parents, Package B Students (National Junior High School Equivalency)