PERAN POKDARWIS ARGOWAYANG SEBAGAI RUANG BELAJAR UNTUK MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DESA GALENGDOWO
THE ROLE OF POKDARWIS ARGOWAYANG AS A LEARNING SPACE TO EMPOWERING THE COMMUNITY OF GALENGDOWO VILLAGE
Nama : Muhammad Farrid
NIM : 19010034053
Program Studi : S1
Jurusan : Pendidikan Luar Sekolah
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Widya Nusantara. S.Pd, M.Pd.
Jumlah desa wisata di indonesia, khususnya di provinsi jawa timur berkembang dengan pesat. Pertumbuhan ini diharapkan mampu membawa dampak positif untuk peningkatan perekonomian masyarakat sekitar daerah pariwisata di jawa timur. Namun harapan ini masih sulit dicapai jika peran serta masyarakat sebagai pengelola danpenerima manfaat pembangunan wisata masih belum optimal.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) peran pokdarwis Argowayang sebagai ruang belajar masyarakat, dan (2) tujuan ruang belajar dalam pokdarwis argowayang untuk membentuk kesadaran masyarakat desa Galengdowo melalui sosialisasi dan edukasi sebagai wujud pemberdayaan masyarakat. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data mengenai ruang belajar dan pemberdayaan masyarakat dalam pokdarwis Argowayang, peneliti mengumpulkan data dengan teknik observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pokdarwis argowayang berperan sebagai organisasi yang mewadahi proses belajar serta pemberdayaan masyarakat melalui sosialisasi dan diskusi untuk membentuk pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran masyarakat dalam mewujudkan unsur-unsur sapta pesona di desa Galengdowo untuk menjadikan desa galengdowo sebagai desa wisata. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pokdarwis argowayang dapat dijadikan ruang belajar untuk pemberdayaan masyarakat yang mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dan menggerakkaan masyarakat secara aktif dan partisipatif pada pembangunan sektor pariwisata sebagai salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat.
Kata Kunci : Pokdarwis, Ruang Belajar, Pemberdayaan Masyarakat.
Abstract
Name : Muhammad Farrid
Program : Bachelors degree
Department : Nonformal Education, Faculty of Education
Name of Institution : State University of Surabaya
Supervisor : Widya Nusantara. S.Pd, M.Pd.
The number of tourist villages in Indonesia, especially in East Java, is growing very rapidly. This growth is expected to have a positive impact on improving the economy of communities around tourism areas in East Java. However, this hope is still difficult to achieve if the community's role as managers and beneficiaries of tourism development is still not optimal.
This research aims to describe (1) the role of the Argowayang pokdarwis as a community learning space, and (2) the purpose of the learning space in the Argowayang pokdarwis is to form awareness in the Galengdowo village community through socialization and education as a form of community empowerment. This research method is descriptive qualitative. To obtain data regarding learning spaces and community empowerment in the Argowayang pokdarwis, researchers collected data using participatory observation, interviews and documentation techniques.
The results of this research show that Pokdarwis Argowayang acts as an organization that accommodates the learning process and empowers the community through socialization and discussion to form knowledge, skills and community awareness in realizing the elements of Sapta Pesona in Galengdowo village to make Galengdowo village a tourist village. Thus, it can be concluded that Pokdarwis Argowayang can be used as a learning space for community empowerment which is able to increase community awareness and mobilize the community actively and participatively in the development of the tourism sector as a form of community empowerment.
Keywords: Pokdarwis, Community learning space, Community Empowerment.