PERANCANGAN GUIDE BOOK TENTANG BATIK BOJONEGORO SEBAGAI MEDIA PROMOSI
DESIGN OF GUIDE BOOK ABOUT BOJONEGORO BATIK AS A PROMOTION MEDIA
Batik merupakan salah satu budaya yang telah terdaftar sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia. Untuk tetap merawat dan melestarikan kebudayaan ini banyak daerah yang mulai menciptakan dan mengembangkan batik khasnya, salah satunya adalah Kabupaten Bojonegoro yang melakukan berbagai usaha mulai dari pelatihan membatik hingga menyelenggarakan berbagai festival batik. Perancangan Guide Book tentang batik Bojonegoro dilakukan untuk mempromosikan batik khas Bojonegoro kepada wisatawan yang sedang berkunjung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konsep perancangan, proses visualisasi, dan hasil visualisasi dari perancangan Guide Book tentang batik Bojonegoro. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang terdiri dari lima tahapan yaitu identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis data, perumusan konsep desain, dan visualisasi desain. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi literatur. Teknik analisis data menggunakan analisis 5W+1H. Hasil dari perancangan ini berupa Guide Book yang berisi informasi tentang 19 motif batik Bojonegoro beserta lima outlet dan produsen yang menyediakannya. Guide Book dicetak pada kertas artpaper berukuran A5 dan berjumlah 50 halaman yang dijilid soft cover dengan laminasi doff. Guide Book ini juga dipublikasikan dalam bentuk digital melalui media online. Media pendukung dalam perancangan ini berupa poster A4 dan pembatas buku.
Kata Kunci: Buku Panduan, Batik, Bojonegoro, Budaya
Batik is one of the cultures that has been registered as the Intangible Cultural Heritage of Indonesia. To maintain and conserve this culture, many regions have started to create and develop their own batik, one of which is Bojonegoro Regency, which carries out various businesses starting from batik training and organizing various batik festivals. The design of the Guide Book about Bojonegoro batik was made for promoting Bojonegoro batik to tourists. The purpose of this study is to describe the design concept, visualization process, and visualization results from the design of the Guide Book about Bojonegoro batik. The study used a qualitative method consisting of five stages, that is problem identification, data collection, data analysis, design concept formulation, and design visualization. Data was collected through interviews, observations, and literature studies. The data analysis technique used 5W+1H analysis. The result of this design is a Guide Book which contains information about 19 Bojonegoro batik pattern along with five outlets and manufacturers that provide them. The Guide Book is printed on A5 sized artpaper and consists of 50 pages bound with soft cover with doff lamination. This Guide Book is also published in digital form through online media. Supporting media in this design are A4 posters and bookmarks.
Keywords: Guide Book, Batik, Bojonegoro, Culture