PENGEMBANGAN PROTOTYPE APLIKASI TUTORKITA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT PENGGUNA DI EXCELSIS LEARNING CENTER
DEVELOPMENT OF A TUTORKITA APPLICATION PROTOTYPE TO GROW USER INTEREST IN EXCELSIS LEARNING CENTER
Tutorkita merupakan aplikasi pembelajaran berbasis mobile yang dikembangkan oleh Excelsis Learning Center (ELC) sejak tahun 2022, sebagai media pembelajaran untuk murid dan tutor. Dari hasil observasi yang telah dilakukan ditemukan permasalahan utama yakni tampilan UI belum mengikuti tren desain saat ini dan kurang konsisten dalam menerapkan prinsip dan elemen UI/UX serta . Tujuan dari penelitian ini untuk membuat konsep, melalui proses, dan menghasilkan produkĀ pengembangan berupa prototype aplikasi Tutorkita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research & development Sugiono yang dikorelasikan dengan metode pengembangan menggunakan design thinking versi IDEO. Pengumpulan data primer dilakukan dengan teknik observasi, angket, wawancara, dan data sekunder dilakukan dengan studi pustaka dari buku dan jurnal terdahulu. Proses pengembanagan menggunakan prosedur design thinking melalui 5 tahap yakni, emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil akhir dari penelitian ini berupa prototype aplikasi Tutorkita yang dapat dijadikan sebagai alternatif ide pengembangan oleh Excelsis Learning Center.
Kata Kunci : Prototype, Aplikasi Mobile, Pembelajaran, Tutorkita.
Tutorkita is a mobile-based learning application developed by Excelsis Learning Center (ELC) since 2022, as a learning medium for students and tutors. From the results of the observations that have been made, the main problem was found, namely that the UI display does not follow current design trends and is less consistent in applying UI/UX principles and elements as well. The aim of this research is to create a concept, process and produce a development product in the form of a Tutorkita application prototype. This research uses the Sugiono research & development research method which is correlated with the development method using the IDEO version of design thinking. Primary data collection was carried out using observation techniques, questionnaires, interviews, and secondary data was carried out using literature studies from previous books and journals. The development process uses design thinking procedures through 5 stages namely, empathize, define, ideate, prototype, and test. The final result of this research is a prototype of the Tutorkita application which can be used as an alternative development idea by the Excelsis Learning Center.
Keywords: Prototype, Mobile Application, Learning, Tutorkita.