PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI (SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO)
THE APPLICATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) ON THE LEARNING OUTCOMES OF FOREARM PASS OF VOLLEY BALL
(CLASS X STUDENTS OF SMK NEGERI 2 MOJOKERTO CITY)
Pendidikan memiliki peran yang krusial dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam bidang olahraga dan kesehatan. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) memegang peran penting dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran jasmani yang terstruktur dan terorganisir. Kajian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan saat pembelajaran bolavoli, khususnya pada materi passing bawah pada saat pembelajaran siswa cenderung berperan pasif dan ruang gerak siswa juga terbatas pada aturan yang telah diberikan oleh guru, sehingga pada saat pembelajaran siswa jarang berinteraksi dan bekerja sama antar teman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil passing bawah bolavoli pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Kota Mojokerto dan untuk mengetahui besarnya pengaruh tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 70 siswa dengan metode pengambilan sampel menggunakan cluster random sample, yaitu 35 siswa kelas X APHP 1 sebagai kelompok eksperimen dan 35 siswa kelas X APHP 2 sebagai kelompok kontrol. Hasil dari penelitian ini menemukan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing bawah bola voli pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli diukur berdasarkan perbedaan antara hasil pretest dan posttest, yang menunjukkan peningkatan sebesar 20,24% pada tes pengetahuan dan 38,91% pada tes keterampilan.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Bolavoli, Passing Bawah
Education has a crucial role in various fields of life, including in the field of sports and health. Physical Education, Sports and Health (PJOK) plays an important role in providing opportunities for students to be actively involved in structured and organized physical learning. This study is motivated by problems when learning volleyball, especially in the forearm pass material when students tend to play a passive role and students' space is also limited to the rules given by the teacher, so that during learning students rarely interact and cooperate between friends. The purpose of this study was to determine the effect of the STAD type cooperative learning model on the results of forearm pass bolavoli in class X students of SMK Negeri 2 Mojokerto City and to determine the magnitude of this influence. This research is a nexperimental research using Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. The sample in this study were 70 students with the sampling method using cluster random sample, namely 35 students of class X APHP 1 as the experimental group and 35 students of class X APHP 2 as the control group. The results of this study found a significant effect on the learning outcomes of basic volleyball forearm pass techniques in students taught with the STAD type cooperative learning model. The effect of the STAD type cooperative learning model on the learning outcomes of volleyball forearm pass was measured based on the difference between the pretest and posttest results, which showed an increase of 20.24% in the knowledge test and 38.91% in the skill test.
Keywords: Cooperative Learning, Volleyball, Forearm pass