PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI
THE EFFECT OF PROJECT-BASED LEARNING MODEL ON LEARNING OUTCOMES OF PHYSICAL FITNESS ACTIVITIES
Aktivitas kebugaran jasmani merupakan salah satu materi penting di mata pelajaran PJOK. Aktivitas kebugaran jasmani memiliki peran krusial dalam menjaga kesehatan remaja, namun materi aktivitas kebugaran kurang diperhatikan di sekolah dikarenakan jam pelajaran PJOK kurang terpenuhi. Model pembelajaran project-based learning dengan menggunakan proyek kinerja daily physical activity card diharapkan mampu mengatasi permasalahan alokasi waktu dalam melakukan aktivitas fisik sehingga dapat meningkatkan kebugaran jasmani. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dan besar pengaruh dari penggunaan model pembelajaran project-based learning terhadap hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan eksperimen semu, desain randomized control group pre-test-post-test. Data penelitian diambil dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih melalui cluster random sampling. Instrumen pada penelitian ini merupakan tes lari 1600 meter dan tes pengetahuan aktivitas kebugaran jasmani secara tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif beserta uji normalitas data dengan skewness, uji t, dan uji gain ternomalisasi.
Hasil menunjukkan normalitas data dengan skewness berada dalam rentang -1 ≤ x ≤ 1 sehingga data berdistribusi normal. Analisis paired sample t-test menunjukkan bahwa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki perbedaan signifikan pada aspek pengetahuan (Sig 0.000 < 0.05) dan aspek keterampilan kelompok eksperimen terdapat perbedaan (Sig 0.000 < 0.05) sedangkan kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan (Sig 0.237 > 0.05). Hasil analisis independent sample t-test menunjukkan perbedaan signifikan pada aspek pengetahuan (Sig 0.000 < 0.05) dan keterampilan (Sig 0.003 < 0.05 untuk putra, Sig 0.000 < 0.05 untuk putri). Hasil N Gain menunjukkan besar peningkatan pengetahuan kelompok eksperimen sebesar 47.55%, keterampilan putra sebesar 45.90%, dan keterampilan putri sebesar 40.44% sehingga termasuk dalam rentang sedang, sedangkan kelompok kontrol menunjukkan peningkatan yang lebih rendah. Maka dapat disimpulkan model pembelajaran project-based learning memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani, dengan menggunakan proyek kinerja daily physical activity card dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani remaja.
Kata kunci: project-based learning, aktivitas kebugaran jasmani, daily physical activity card, PJOK.
Physical fitness activities are one of the important materials in PJOK lessons. Physical fitness activities have a crucial role in maintaining the health of teenagers, but fitness activity material is given less attention in schools because PJOK class hours are not met. The project-based learning model using the daily physical activity card performance project is expected to be able to overcome the problem of time allocation in carrying out physical activities so that it can improve physical fitness. This research also aims to determine the influence and magnitude of the use of the project-based learning model on physical fitness activity learning outcomes, using a quantitative and quasi-experimental approach, a pre-test-post-test randomized control group design. Research data was taken from the experimental group and control group selected through cluster random sampling. The instruments in this study were a 1600 meter running test and a written physical fitness activity knowledge test. The data analysis technique used in the research is descriptive analysis along with data normality tests with skewness, t test, and normalized gain test.
The results of the analysis show the normality of the data with skewness in the range -1 ≤ x ≤ 1 which indicates that the data is normally distributed. Analysis using a paired sample t-test shows that the experimental group and the control group have significant differences in the knowledge aspect (Sig 0.000 < 0.05) and in the skill aspect of the experimental group there is a difference (Sig 0.000 < 0.05) while there is no difference in the control group (Sig 0.237 > 0.05). The results of the independent sample t-test analysis showed significant differences in the aspects of knowledge (Sig 0.000 < 0.05) and skills (Sig 0.003 < 0.05 for boys, Sig 0.000 < 0.05 for girls). The results of N Gain showed an increase in the experimental group's knowledge by 47.55%, men's skills by 45.90%, and women's skills by 40.44% the influence of which is in the medium range, while the control group showed a lower increase. So it can be concluded that the project-based learning model has a significant influence on learning outcomes in physical fitness activities, using daily physical activity card performance projects can be an effective alternative in improving youth physical fitness activity learning outcomes.
Keywords: project-based learning, physical fitness activities, daily physical activity card, PJOK.