Keeksplisitan dan Keimplisitan Verba Performatif dalam Tuturan Komisif pada Iklan Mercedes-Benz
Explicitness and Implicitness of Performative Verbs in Commissive Speech in Mercedes-Benz Advertising
Iklan sebagai salah satu bagian dari strategi pemasaran memiliki peranan yang penting dalam penjualan suatu produk seperti Mercedes-Benz. Untuk menyebabkan rasa emosional atau ketertarikan para pembaca iklan, sering dijumpai penggunaan gambar-gambar pada iklan. Dalam pemilihan kata dalam iklan, konstruksi kalimat tidak kalah penting dengan penggunaan gambar seperti iklan Mercedes-Benz. Pemilihan kata atau konstruksi kalimat iklan tersebut dapat berupa penggunaan verba performatif secara eksplisit ataupun secara implisit dengan tujuan kepada pengguna iklan yang memiliki ketertarikan melakukan suatu tindakan berupa pembelian produk Mercedes-Benz. Verba performatif tersebut terkait dengan tindakan pengguna iklan ini bisa dikaitkan dengan tindak tutur ilokusi komisif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk keeksplisitan dan keimplisitan verba performatif pada iklan Mercedes-Benz. Teks-teks tersebut sebagai data penelitian diperoleh melalui teknik dokumentasi. Adapun teknik analisa dalam penelitian ini menggunakan teori tindak tutur ilokusi komisif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 4 data yang menggunakan verba performatif dalam iklan Mercedes-Benz secara eksplisit. Hasil lain dalam penelitian ini menunjukkan bahwa verba performatif dalam iklan Mercedes-Benz tidak lagi digunakan secara eksplisit, melainkan diparafrase dengan konstruksi kalimat yang memiliki tujuan atau maksud yang sama dengan verba performatif.
Kata Kunci: Komisif, Verba Performatif, Iklan
Advertising as part of a marketing strategy has a vital role in the sale of a product such as Mercedes-Benz. To cause the emotional or interest of the readers of the ad, often encountered the use of images in advertising. In the choice of words in advertising, sentence construction is no less important than the use of images such as in Mercedes-Benz advertising. The choice of words or construction of advertising sentences can be in the form of explicit or implicit use of performative verbs with the aim of advertising users who are interested in acting in the form of purchasing Mercedes-Benz products. The performative verb related to the action of the user of this ad can be associated with the commission illocutionary Speech Act. Therefore, this study aims to describe the explicitness and implicit form of performative verbs in Mercedes-Benz advertisements. These texts as research data were obtained through documentation techniques. The analysis technique in this study uses the theory of speech acts of Commissioner illocution. The results showed that 4 data use performative verbs in Mercedes-Benz advertising explicitly. Other results in this study indicate that performative verbs in Mercedes-Benz advertisements are no longer used explicitly, but rather paraphrased with sentence constructions that have the same purpose or intent as performative verbs.
Keywords: Commissive, Performative Verb, Advertisement