ANALISIS DESKRIPTIF IKLAN COCA-COLA INDONESIA
VERSI TOGETHER TASTES BETTER
DESCRIPTION ANALYSIS OF INDONESIAN COCA-COLA ADVERTISING
VERSION TOGETHER TASTES BETTER
Kemajuan dan perkembangan teknologi di era digital merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan ini, salah satu dampak dalam bidang ekonomi yaitu menciptakan kebudayaan baru dalam kegiatan promosi. Promosi dalam kegiatan periklanan menjadi salah satu strategi pemasaran yang menjadi andil besar dalam beriklan, salah satu promosi iklan yang telah dikenal adalah iklan dari brand Coca-Cola yang telah dipublikasikan di berbagai media salah satunya di YouTube dan televisi. Salah satunya adalah iklan Coca-Cola Indonesia dalam versi Together Tastes Better yang mengangkat fenomena pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui elemen visual, pesan iklan serta meneliti keberhasilan penyampaian pesan iklan kepada khalayak pada iklan Coca-Cola Indonesia dalam versi Together Tastes Better. Penelitian ini memanfaatkan data primer (iklan Coca-Cola Indonesia dalam versi Together Tastes Better) dan data sekunder (kuesioner, dokumen, artikel dan buku) yang dideskripsikan sehingga menemukan sebuah makna yang relevan. Dengan menggunakan metode analisis Tinjauan Desain dengan tahapan: Deskriptif, Analisis formal, Interpretasi dan Evaluasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk elemen visual yang disampaikan dalam iklan Coca-Cola Indonesia versi Together Tastes Better mudah dipahami, dikemas dengan kreatif dan efektif secara emosional dan tidak berbelit sehingga iklan ini mampu menarik perhatian khalayak dan berhasil dalam mengkomunikasikan produknya.
Technological progress and development in the digital era is something that cannot be avoided in this life. One of the impacts in the economic field is creating a new culture in promotional activities. One of the well-known advertising promotions in various media is the advertisement of the Coca-Cola brand, such as YouTube and television. One of them is the Coca-Cola Indonesia advertisement in the Together Tastes Better version which raises the phenomenon of the Covid-19 pandemic. This study aims to determine the visual elements, messages and the success of delivering advertising messages to the public in Coca-Cola Indonesia’s advertisements in the Together Tastes Better version. This study utilizes primary data (Coca-Cola Indonesia advertisements in the Together Tastes Better version) and secondary data (questionnaire, documents, articles and books) which are described so as to find a relevant meaning by using the Design Review analysis method with stages: Descriptive, Formal Analysis, Interpretation and Evaluation. The results of this study indicate that the form of visual elements presented in the Together Tastes Better version of the Coca-Cola Indonesia advertisement is easy to understand, creatively packaged and emotionally effective and uncomplicated so that this advertisement is able to attract the attention of the audience.