Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Blended Learning untuk Melatihkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa
Development of Blended Learning-based Learning Device to Upskill Students’ Scientific Argumentation
ABSTRAK
Pramestya Taranita Widiastuti. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Blended Learning untuk Melatihkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing : (I) Dr. Yuliani, M.Si. dan (II) Dr. Raharjo, M.Si.
Kata Kunci : Blended Learning, Kemampuan Argumentasi Ilmiah
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Biologi pada materi Fotosintesis dengan menggunakan strategi pembelajaran Blended Learning yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain model 4-D dengan desain uji coba menggunakan rancangan One group pretest-posttest design dan diujicoba di kelas XI IPA SMAS Mujahidin Surabaya Tahun ajaran 2021/2022. Pembelajaran dilakukan dengan cara menerapkan perangkat pembelajaran terdiri dari Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), buku ajar, Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), instrumen tes kemampuan argumentasi ilmiah, dan instrumen tes kemampuan kognitif (hasil belajar) siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik validasi, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, buku ajar, LKPD, instrumen tes kemampuan argumentasi ilmiah dan instrumen tes kemampuan kognitif (hasil belajar) siswa memperoleh kategori valid; (2) pembelajaran terlaksana dengan kategori baik; (3) keefektifan yang dilihat dari hasil tes kemampuan argumentasi ilmiah dan hasil tes kemampuan kognitif (hasil belajar) siswa memperoleh peningkatan dengan skor N-gain berkategori tinggi dan peserta didik memberikan respon positif terhadap kegiatan pembelajaran yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran strategi Blended learning yang telah dikembangkan layak sesuai dengan kriteria validitas, kepraktisan, dan keefektifan untuk digunakan dalam melatihkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa.
ABSTRACT
Pramestya Taranita Widiastuti. 2022. Development of Blended Learning-based Learning Device to Upskill Students’ Scientific Argumentation. Thesis, Science Education Study Program, Postgraduate Program, The State University of Surabaya. Advisor: (I) Dr. Yuliani, M.Si. and (II) Dr. Raharjo, M.Si.
Keywords: Blended Learning, Scientific Argumentation Ability
This study aims to develop learning tools for Biology in Photosynthesis by using a valid, practical, and effective blended learning strategy. This research is a kind of development research that uses a 4-D model design with a trial design of one group pretest and posttest design and was tested in class XI IPA SMAS Mujahidin Surabaya in the 2021/2022 academic year. Learning is done by applying learning tools consisting of Learning Implementation Plans (RPP), textbooks, Student Activity Sheets (LKPD), scientific argumentation ability test instruments, and students' cognitive ability test instruments (learning outcomes). Validation, observation, testing, and questionnaire techniques were used to collect data. The research data analysis technique showed that: (1) the validity of the learning tools developed, including lesson plans, textbooks, LKPD, scientific argumentation ability test instruments, and students' cognitive ability test instruments (study outcomes), obtained valid categories; (2) learning is carried out in a good category; (3) the effectiveness seen from the results of the scientific argumentation ability test and the results of the cognitive ability test (learning outcomes), students obtained an increase with a high category N-gain score and students gave a positive response to the learning activities developed. Based on the results of this study, it can be concluded that the blended learning strategy learning tool that has been developed is feasible in accordance with the criteria of validity, practicality, and effectiveness to be used in training students' scientific argumentation skills.