POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK DENGAN LAMBAT BELAJAR
Nama : Indah Nur Susilo
NIM : 19010664155
Program Studi : S-1
Jurusan : Psikologi
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universirtas Negeri Surabaya
Pembimbing : Siti Ina Savira, S.Psi., M.EdCp.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara orang tua mendidik, melatih, dan mendampingi dengan mengontrol agar anak lambat belajar dapat tumbuh dan berkembang menuju proses pendewasaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan studi kasus. Subjek pada penelitian ini meliputi dua orang tua siswa lambat belajar di kelas V Sekolah Dasar Negeri Ujung XIII Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis tematik. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pola asuh yang diterapkan oleh kedua subjek yang memiliki anak dengan lambat belajar lebih banyak menerapkan respon daripada tuntutan hal ini karena tuntutan yang diberikan oleh kedua subjek lebih rendah daripada harapan sehingga pola asuh yang diberikan lebih banyak respon. Meskipun tuntutan yang diberikan rendah kedua subjek tetap menerapkan sikap yang tegas dengan tidak menuruti keinginan anak apabila tidak diperlukan.
Kata kunci : pola asuh orang tua, lambat belajar.
Name : Indah Nur Susilo
Number of Registration : 19010664155
Major : S-1
Department : Psikologi
Faculty : Ilmu Pendidikan
Name of Institution : Universirtas Negeri Surabaya
Advisor : Siti Ina Savira, S.Psi., M.EdCp.
This study aims to describe how parents educate, train, and accompany by controlling so that children are slow to learn to grow and develop towards the process of adulthood. This study used a qualitative research method of case study approach. The subjects in this study included two parents of slow students studying in class V of Ujung XIII Surabaya State Elementary School. The data collection techniques in this study used interviews. The data analysis techniques used in this study are thematic analysis. Test the validity of the data using source triangulation. Based on the results of the study, it can be concluded that the pattern of foster care applied by both subjects who have children slowly learns to apply more responses than these requirements because the demands given by both subjects are lower than expectations so that the pattern of foster care is more responsive. Although the demands given are low, both subjects still apply a firm attitude by not obeying the child's wishes if they are not needed.
Keyword : parenting style, slow learning