IMPLEMENTASI MODEL CIPP PADA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN
IMPLEMENTATION CIPP MODEL ON EDUCATION AND TRAINING LEADERSHIP
Tujuan dari Artikel ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Aparatur Sipil Negara (ASN), Sehingga dapat dimanfaatkan oleh para pembuat kebijakan untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi manajerial pada institusi pemerintah yang merupakan tindak lanjut dari implementasi Diklatpim. Telaah Artikel ini menggunakan metode studi literature yaitu dengan cara menghimpun data-data atau sumber-sumber yang berhubungan dengan topik yang diangkat. Dari beberapa jurnal telah mendalami kajian evaluasi model CIPP (Context, Input, Process dan Product). Evaluasi dilakukan terhadap pelaksanaan Diklatpim yang dilaksanakan pada periode tahun 2014 – 2020 oleh BPSDM yang ada di berbagai daerah Indonesia. Hasil Evaluasi Context menunjukkan penyelenggara Diklatpim agar lebih memperhatikan konteks organisasi dan sasaran program yang direlevansikan dengan landasan hukum penyelenggaraan Diklatpim serta pedoman – pedoman terkait lainnya sehingga membentuk frame yang seragam dan berdampak pada penguatan rasional penyelenggarann dan perencanaan program. Pada Evaluasi Input menunjukkan masih perlunya perencanaan yang lebih matang pada penyelenggaraan Diklatpim terutama dalam hal menilai kemampuan sistem, alternatif strategi program, budgetting dan sumber daya manusia seperti widyaiswara dan pedoman materi sehingga unsur – unsur yang menunjang tujuan program dapat tercapai dengan jelas dan terstruktur. Kemudian pada Evaluasi Process diperlukan adanya analisis masalah dan hambatan yang berpeluang terjadi selama program Diklatpim berlangsung, termasuk prediksi – prediksi kesalahan prosedural maupun teknis sehingga dapat diambil solusi berupa keputusan dengan cepat. Sedangkan pada Evaluasi Product penyelenggara Diklatpim dapat menindaklanjuti output dari program dengan mengumpulkan deskripsi dan penilaian hasil program, mengaitkannya dengan tujuan, konteks, input, dan proses sehingga dapat menafsirkan keberhargaan dan manfaat program dari peserta Diklatpim.
Kata Kunci : Model CIPP, Diklat Kepemimpinan, Evaluasi Program
The purpose of this study is to describe the implementation of Education and Training for Leadership (Diklatpim) for State Civil Servants (ASN) in the work area of the Ministry of Manpower's Education and Training Center (Pusdiklat Kemnaker RI) so that it can be used by policy makers to increase managerial insight and competence in institutions. government which is a follow-up to the implementation of Diklatpim. The research method used a literature study that explores the evaluation of the CIPP model (Context, Input, Process and Product). The evaluation was carried out on the implementation of the Education and Training Center which was carried out in the period 2014 - 2020 by BPSDM in various regions in Indonesia. The results of the Context Evaluation show that the organizers of the Education and Training Center should pay more attention to the organizational context and program objectives that are relevant to the legal basis for the implementation of the Education and Training Center and other related guidelines so as to form a uniform frame and have an impact on the rational strengthening of program implementation and planning. Input evaluation shows that there is still a need for more mature planning in the implementation of Diklatpim, especially in terms of assessing system capabilities, alternative program strategies, budgeting and human resources such as lectures and material guidelines so that the elements that support program objectives can be achieved clearly and structured. Then in the Evaluation Process, it is necessary to analyze problems and obstacles that may occur during the Education and Training Program, including predictions of procedural and technical errors so that solutions can be taken in the form of decisions quickly. Whereas in Product Evaluation, the Education and Training Center organizers can follow up the output of the program by collecting descriptions and assessments of program results, linking them to the objectives, context, input, and process so that they can interpret the worth and benefits of the program from the training participants.
Keywords : CIPP Model, Education and Training Leadership, Evaluation Program