Media pembelajaran berperan
penting didalam proses belajar mengajar, media yang dirasa cocok dan tepat
dengan kondisi saat ini adalah media pembelajaran e-learning (pembelajaran elektronik). Permasalahan ini memiliki
kaitan dengan SMP Negeri 58 Surabaya yang membutuhkan media pembelajaran e-learning . Penelitian ini dilakukan
karena kurangnya minat belajar siswa khususnya saat pembelajaran jarak jauh,
hal tersebut dibuktikan dengan rendahnya insteraksi yang terjadi ketika
melakukan proses pembelajaran menggunakan media yang digunakan guru. Penelitian
pengembangan ini dilakukan demi menciptakan media pembelajaran dengan
memanfaatkan teknologi diera yang semakin maju. Penelitian ini memiliki tujuan
untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang berbasis pada website dengan mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial materi kehidupan masyarakat Hindu – Budha, penelitian ini
juga bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ketika menggunakan media
pembelajaran berbasis website di SMP
Negeri 58 Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian berjenis R&D (Research and Development ). Desain penelitian
ini menggunakan metode 4D yaitu, define
(pendefinisian), Design (perancangan),
develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Peneliti hanya
melakukan sampai tahap ke-3 yaitu tahap develop
(pengembangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan menggunakan angket atau instrument penilaian yang diberikan
kepada ahli media, ahli materi. Peneliti menggunakan teknik analisis data
deskriptif kuantitatif. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa,
peneliti menggunakan rancangan penelitian tunggal (One Group Pretest-Postest Design).
Penelitian ini meminta respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis
website ini, setelah melakukan penyebaran angket kepada siswa, telah didapat
skor 45.8 yaang telah dikonversikan sehingga mendapat nilai rata-rata 91,6%,
dari hasil tersebut telah didapat kriteria dengan kategori sangat baik. Peneliti
juga meminta nilai dari ahli media serta ahli materi, setelah melakukan
validasi, media pembelajaran berbasis website mendapat skor dengan nilai
kelayakan (1) oleh ahli media 1 dan 2 yakni 3,66 dan 3,76 yang dikategorikan
sangat layak, (2) penilaian oleh ahli materi yakni 3,56 dengan kategori sangat
layak, (3) hasil belajar yang mengalami peningkatan sebesar 45% yang sebelumnya
rata-rata nilai 52.75 menjadi 81.75 menggunakan skala nilai 100. Kesimpulan:
media pembelajaran berbasis website
ini sangat layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar pada materi
kehidupan masyarakat Hindu – Budha di Indonesia di SMP Negeri 58 Surabaya.