PEMANFAATAN VLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGKREASI TEKS BERITA KELAS XI
UTILIZATION OF VLOG AS LEARNING MEDIA TO DEVELOP THE ABILITY TO CREATE NEWS TEXT IN CLASS XI
Kata Kunci: vlog, kemampuan berbicara, berita, implementasi, mixed method research, budaya, sopan santun
Penelitian ini membahas tentang manfaat vlog untuk mengembangkan kemampuan mengkreasi teks berita kelas XI. Penelitian memiliki tujuan diantaranya 1) mendeskripsikan implementasi media vlog untuk mengembangkan kemampuan mengkreasi teks berita siswa kelas XI, 2) mendeskripsikan hasil penerapan media vlog dalam mengembangkan kemampuan mengkreasi teks berita, 3) mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan media vlog dalam mengembangkan kemampuan mengkreasi teks berita. Penelitian ini merupakan jenis penelitian implementasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method Sumber data penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK Negeri 2 Buduran yang berjumlah 28 siswa, guru Bahasa Indonesia, dan rekan sejawat. Data kemudian dikumpulkan melalui metode observasi, tes (uji), dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kombinasi deskriptif kualitatif dan kuantitatif secara berurutan (sequental exploratory).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi yang diberikan pada guru dan teman sejawat sudah mendapatkan nilai baik, artinya modul ajar yang digunakan sebagai bahan ajar peneliti sudah sesuai dengan pembelajaran yang dilakukan. Capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka ini adalah mengkreasi teks sesuai dengan norma kesopanan dan budaya. Penelitian ini sudah 100% berhasil karena para siswa sudah bisa mengenalkan kearifan lokal kota Sidoarjo. Selanjutnya pada penerapan media vlog untuk mengembangkan kemampuan berbicara sudah dinilai sangat baik. Pada teks berita berupa vlog, siswa harus berbicara menyampaikan berita lewat suara dan melakukan wawancara. Aspek-aspek yang dinilai adalah kelancaran, intonasi, artikulasi, volume, jeda, ekspresi, dan estetika. Siswa sudah menerapkan aspek sopan santun di luar lingkungan sekolah dengan sangat baik. Tidak hanya itu siswa juga dituntut untuk menjadi kreatif dalam membuat vlog agar menjadi tontonan yang menarik. Sehingga muncul nilai yang didasarkan pada aspek-aspek seperti pencahayaan, kualitas gambar, warna video, alur video, dan durasi. Lalu, penilaian respons siswa terhadap penerapan vlog sebagai media untuk mengembangkan kemampuan berbicara memiliki rata-rata nilai 3,67. Pada materi teks berita, untuk mengukur kemampuan berbicara siswa lebih senang apabila dalam pembelajaran menggunakan media vlog daripada hanya membaca dan menulis teks berita saja.
Keywords: vlogs, speaking skills, news, implementation, mixed method research, culture, manners
This research discusses the benefits of vlogs to develop the ability to create news text in grade XI. The research has objectives including 1) describing the implementation of vlog media to develop the ability to create news text of grade XI students, 2) describing the results of the application of vlog media in developing the ability to create news text, 3) describing student responses to the application of vlog media in developing the ability to create news text. This research is a type of implementation research. This research uses a mixed method approach. The data sources of this research are class XI students of SMK Negeri 2 Buduran totaling 28 students, Indonesian language teachers, and peers. The data were collected through observation, test, and questionnaire. Data analysis was carried out using a combination of descriptive qualitative and quantitative approaches (sequentially exploratory).
The results showed that the observations given to teachers and peers had received good scores, meaning that the teaching modules used as teaching materials for researchers were in accordance with the learning being carried out. The learning outcome of this Merdeka Curriculum is to create text according to the norms of politeness and culture. This research has been 100% successful because students have been able to introduce the local wisdom of Sidoarjo city. Furthermore, the application of vlog media to develop speaking skills has been assessed very well. In the news text in the form of vlogs, students must speak to deliver news through sound and conduct interviews. The aspects assessed are fluency, intonation, articulation, volume, pauses, expression, and aesthetics. Students have implemented aspects of good manners outside the school environment very well. Not only that, students are also required to be creative in making vlogs so that they become an interesting spectacle. So that grades appear based on aspects such as lighting, image quality, video color, video flow, and duration. Then, the assessment of student responses to the application of vlogs as a medium for developing speaking skills has an average score of 3.67. In the news text material, to measure speaking ability, students are happier when learning using vlog media rather than just reading and writing news texts.