ABSTRAK
Adi Rianto. 2017. Pengaruh Penerapan Latihan Small Sided Games 6 Lawan 6 dan 7 Lawan 7 Terhadap Kelincahan Dan Keterampilan Dribbling Pemain Sepakbola. Tesis Program Studi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing I Dr. Wijono M.Pd. dan I Dr. Achmad Widodo M.Kes. Psikolog.
Kata Kunci Small Sided Games 6 Lawan 6 Small Sided Games 7 Lawan 7 Kelincahan Keterampilan Dribbling.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan latihan Small Sided Games 6 Lawan 6 Small Sided Games 7 Lawan 7 Kelincahan Keterampilan Dribbling pada siswa ekstrakurikuler cabang olahraga sepakbola MI Yapisthon Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu quasy experiment dan desain yang digunakan yaitu menggunakan Randomized Control Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian yang berjumlah 36 siswa yang akan dilakukan pretest untuk menentukan pembagian kelompok. 12 siswa sebagai kelompok eksperimen I yang diberi program latihan small sided games 6 lawan 6 14 siswa berikutnya kelompok eksperimen II yang diberi program latihan small sided games 7 lawan 7 dan 10 siswa selanjutnya sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua instrumen penelitian yaitu tes kelincahan tes lari model Z untuk megukur tingkat kelincahan tes keterampilan dribbling menggunakn tes menggiring dominan kelak kelok Sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis uji beda t test dan multivariat analisis of variance ANOVA . Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang lebih signifikan pada kedua kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kelincahan terjadi peningkatan pada kedua kelompok eksperimen I dan II tingkat keterampilan dribbling lebih terlihat pengaruhnya pada kelompok eksperimen I hal ini bisa disebabkan karena pada pengamatan dilapangan kelompok eksperimen 1 dan 2 pada saat melakukan latihan small sided games tidak berani mennggiring bola. Keterbatasan waktu yang ada dan minimnya pertemuan perlakuan per mingunya yang diberikan juga mempengaruhi.
ABSTRACT
Adi Rianto. 2017. Effect of the Application of 6 Opposition 6 and 7 Opponents Small Sided Games Exercises 7 on Football Players Agility and Dribbling Skills. Thesis, Sports Education Study Program Postgraduate Program Surabaya State University. Advisor I Dr. Wijono M.Pd. and II Dr. Achmad Widodo M.Kes. Psychologist.
Key Words Small Sided Games 6 Opponents 6 Small Sided Games 7 Opponents 7 Agility Dribbling Skills.
This study aims to examine the effect of the application of 6 Opponents Small Sided Games 6 Small Sided Games 7 Opposition 7 Agility Dribbling Skills to extracurricular football students at MI Yapisthon Surabaya. This study uses a quantitative approach with a type of quasi experimental research and the design used is using Randomized Control Group Pretest Posttest Design. The research subjects were 36 students who were to be pretested to determine the group division. 12 students as the experimental group I were given a 6 to 6 small sided games training program the next 14 students in the experimental group II were given a 7 to 7 small sided games training program and the next 10 students were in the control group. The data collection method in this study used two research instruments namely the Z test run agility test to measure the level of agility the test of dribbling skills using the test to lead the dominant later on. analysis of variance ANOVA . Based on the data obtained it can be concluded that there was a more significant increase in the two experimental groups compared to the control group. Agility increased in the two experimental groups I and II the level of dribbling skills was more influential in the experimental group I this could be due to observations in the field of experimental groups 1 and 2 when doing small sided games did not dare to dribble. and the lack of treatment meetings per week given also affects.