PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK DENGAN SPEKTRUM AUTIS
PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM FOR IMPROVING CHILDREN COMMUNICATION ABILITY WITH AUTISM SPECTRUM
Anak dengan spektrum autis mengalami keterlambatan dalam berkomunikasi, terutama dalam menggabungkan kata menjadi sebuah kalimat yang terstruktur pada sebuah pembicaraan. Sementara Picture Exchange Communication System (PECS) sebagai strategi pelatihan komunikasi dengan memanfaatkan gambar yang dapat manipulasi sedemikian rupa. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji peranan PECS dalam meningkatkan kemampuan komunikasi untuk anak dengan spektrum autis. Dalam penelitian ini menggunakan Metode studi pustaka dengan menggali sumber yang berasal dari buku dan jurnal yang sesuai dengan topik pembahasan sebagai sumber data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif deskriptif dengan jumlah subjek 173 sampel dan hasil kajian teori menyatakan bahwa 90% Anak dengan spektrum autis diantaranya dapat meningkatkan kemampuan komunikasi melalui PECS
Children with autism spectrum disorder experience delays in communication, one of the specific problems is about to combine word into structurred sentences when they tried to speak. Meanwhile, the Picture Exchange Communication System (PECS) is a strategy by using the picture that can be manipulated in such a way. The purpose of this research was to examine the role of PECS in improving the communication skills of children with autism spectrum disorders. In this study using the method of literature review by digging sources from book and Journal that are in accordance with the topic of discussion. Data analysis was carried out by quantitative descriptive with 173 sample and The results of the theoretical study state that 90% children with autism spectrum disorders can can increase communication skills by PECS