Analisis Kinerja Keuangan dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas UMKM Makanan Ringan di Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro
ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PROFITABILITAS UMKM MAKANAN RINGAN DI KECAMATAN SEKAR KABUPATEN BOJONEGORO PERIODE 2018-2022
Oleh : Agis Suryadewi
Nim : 21080574234
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, solvabilitas,aktivitas, dan pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas UMKM makanan ringan dikecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro perode tahun 2018 - 2022
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan Data Sekunder dan pengolahan data menggunakan analisis statistik. Variabel-variabel yang diteliti adalah likuiditas, solvabilitas, aktivitas, pertumbuhan penjualan, dan profitabilitas. Data dianalisis dengan uji signifikansi statistik untuk menilai hubungan antara variabel-variabel tersebut.
Hasil analisis menunjukkan bahwa likuiditas memiliki nilai signifikansi sebesar 0,01 kurang dari 0,05 dan nilai solvabilitas sebesar 0,00 kurang dari 0,05 yang artinya kedua rasio tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas.Nilai Rasio aktifitas 0,62l ebih dari 0,05 dan pertumbuhan penjualan 0,79 lebih dari 0,05artinya kedua rasio tersebut tidak berpengaruh terhadap
Kata Kunci : Profitabilitas, UMKM Makanan Ringan, Faktor Pengaruh
This study aims to determine the effect of liquidity, solvency, activity, and sales growth on the profitability of snack food MSMEs in the Sekar sub-district of Bojonegoro Regency for the period 2018-2022.
The method used in this research is quantitative, using secondary data and data processing using statistical analysis. The variables studied were liquidity, solvency, activity, sales growth, and profitability. The data was analysed with statistical significance tests to assess the relationship between these variables.
The results of the analysis show that liquidity has a significance value of 0.01 less then 0.05 and a solvency value of 0.00 less than0.05, which means that both ratios have a significant effect on profitability. The activity ratio value is 0.62 more than 0.05 and sales growth is 0.79 more than 0.05, meaning that the two ratios have no effect on profitability.
Keywords: Profitability, Snack Food MSMEs, Influencing Factors