Suku Tengger merupakan salah satu suku yang mendiami lereng gunung Bromo-Semeru. Suku Tengger memiliki sebuah kebiasaan yang menjadi sebuah adat diwilayah mereka. Adat tersebut adalah tata cara penerimaantamu yang disebut dengan Gegeni, Adat Gegeni adalah sebuah kebiasan masyarakat suku Tengger dalam menyambut tamu di rumahnya. Masyarakat Suku Tengger dalam melakukan penyambutan tamu di dapur (pawon) dengan menyalakan perapian, biasanya disajikan beberapa makanan khas mereka seperti hasil bumi seperti singkong, kentang dan lain-lain. Berdasarkan fenomena tersebut penulis mencoba untuk mengangkatnya dalam sebuah karya tari yang berisi tentang sebuah rasa saling menghagai sesame dan merupakan upaya menghangatkan diri dari hawa dingin bumi Tengger melalui karya tari tipe dramatic yang telah dikembangkan dengan tenik gerak tradisional.
Kajian teori koreografi dari berbagai ahli dijadikan pijakan penulis dalam menciptakan karyanya, meliputi metode konstruksi I oleh Jacqueline Smith, koreografi kelompok oleh Sumandiyo Hadi dan teori ungkapan. Hasil karya tari yang relevan juga turut menjadi sumber atau refrensi mengenai konsep, teknik, dan gaya untuk memperlihatkan perbedaan orisinalitas masing-masing karya tari. Karya tari yang memberikan kontribusi diantaranya Karya Dramatari Kidung Tengger tahun 2017 oleh Herry Lentho.
Pendekatan penciptaan pada proses karya ini meliputi metode konstruksi I, sebagai petunjuk penyusunan berbagai elemen untuk keberhasilan sehinggga koreografer menggunakan teori kostruuks 1 oleh Jacqueline Smith. Konsep dalam karya tari ini terdiri dari tema yaitu kehangatan dengan judul Gegeni. Penata tari menggunakan tipe dramatic dengan mode penyajian representative dan simbolis, dalam penerapannya koreografer memunculkan penguatan suasana yang dapat mendukung karya tari Gegeni. Karya tari ini memilki elemen utama yaitu gerak, menggunaka pengembangan gerak jawatimuran pandhalungan dan rasa religious hindu tengger. Elemen pendukung meliputi iringan, tata cahaya, tata rias dan busana, tata pentas. Proses penciptaan karya tari ini dimulai dari rangsang, kerja studio, improvisasi,evaluasi, seleksi dan penghalusan dengan teknik penyampaian karya demostrasi,drill dan evaluasi sehingga terbentuk karya tari dengan judul Gegeni.
Karya tari Gegeni berdasarkan tema yang diambil yaitu kehangatan yang menggambarkan kebersamaan dalam menerima tamu di desa Argosari yang disajikan dalam koreografi kelompok empat penari putri dan dua penari putra. Karya tari ini terdiri bdari liam bagian, introduksi, adegan pertama penggambaran masyarakat suku Tengger, adegan pertama siklus kehidupan,adegan kedua tamu berkunjung, adegan ketiga konflik, adegan keempat berbahagia.
Simpulan yang didapat dari deskripsi dan hasil pembahasan fokus isi dan bentuk pada karya tari ini yaitu dengan durasi sajian 13 menit, koreografer membuat sebuah komposisi ungkapan kehangatan dalam menerima tamu masyarkat suku tengger di desa Argosari. Koreografer menemukan gaya yaitu gerak jawatimuran pandhalungan dengan religious tengger, menggunakan enam penari diharapkan mampu menyampaikan isi dari tema yang digunakan dengan harapan dapat menjadi karya yang inspiratif, menjadi infomasi kebudayaan dan kearifalan lokal kabupaten Lumajang.
The Tengger tribe is one of the tribes who inhabit the slopes of Mount Bromo-Semeru. The Tengger tribe has a custom that is a custom in their area. The custom is your reception procedure called Gegeni, Gegeni is a custom of the Tengger tribe in welcoming guests to their homes. The Tengger people in welcoming guests in the kitchen (pawon) by lighting a fireplace, are usually served some of their special foods such as produce such as cassava, potatoes and others. Based on this phenomenon the author tries to raise it in a dance work that contains a sense of mutual respect for each other and is an effort to warm themselves from the cold of the Tengger earth through dramatic dance types that have been developed with traditional movement techniques.
The study of choreography theory from various experts was used as a stepping stone for the writer in creating his work, including the construction method I by Jacqueline Smith, group choreography by Sumandiyo Hadi and expression theory. The results of relevant dance works also become a source or reference regarding concepts, techniques, and styles to show the differences in the originality of each dance work. Dance works that contributed include the Dramatari Kidung Tengger in 2017 by Herry Lentho.
The creation approach to the process of this work includes the construction method I, as a guideline for the compilation of various elements for success so that the choreographer uses kostruuks theory 1 by Jacqueline Smith. The concept in this dance work consists of the theme of warmth with the title Gegeni. The dance stylist uses a dramatic type with representative and symbolic presentation mode, in its application the choreographer raises a strengthening atmosphere that can support Gegeni dance works. This dance work has the main elements, namely motion, using the development of pandhalungan handlers and the sense of religious Hindu Tengger. Supporting elements include accompaniment, lighting, makeup and fashion, stage lighting. The process of creating this dance work starts from excitement, studio work, improvisation, evaluation, selection and refinement with the delivery of demonstration, drill and evaluation techniques to form a dance work with the title Gegeni. The Gegeni dance work is based on the theme taken which is the warmth that illustrates the togetherness in receiving guests in the village of Argosari presented in a choreography group of four female dancers and two male dancers. This dance work consists of liam parts, introduction, the first scene depicting Tengger tribe people, the first scene of the life cycle, the second scene of visiting guests, the third scene of conflict, the fourth scene of happiness.
The conclusions obtained from the description and results of the discussion focus on the content and form of this dance work that is with a duration of 13 minutes, the choreographer made a composition of expressions of warmth in receiving tenggerese community guests in the village of Argosari. Choreographers find a style that is the movement of pandhalungan with religious tengger, using six dancers is expected to be able to convey the contents of the theme used in the hope that it can become an inspirational work, become cultural information and local wisdom of Lumajang district.