ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) Profil Budi Hariyanto sebagai guru sekaligus seniman lukis di Pamekasan. (2) Proses kreatif Budi Hariyanto sebagai guru sekaligus seniman lukis di Pamekasan. (3) Kiprah dan karya Budi Hariyanto sebagai guru sekaligus seniman lukis di Pamekasan. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode meliputi:pengamatan atau observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dilakukan penganalisisan data, untuk mencapai validitas data menggunakan triangulasi data.
Dari analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Budi Hariyanto merupakan anak dari keluarga yang sederhana, sejak kecil Budi Hariyanto sangat suka menggambar. Budi Hariyanto merupakan alumni sarjana dan pascasarjana IKIP Surabaya, dan sekarang menjadi seorang guru di SMA Negeri 1 Pademawu Pamekasan. (2) Proses kreatif Budi Hariyanto sebagai guru di sekolah yaitu mengajar layaknya seorang guru pada umumnya, Budi Hariyanto sering membawa siswa untuk belajar seni di luar sekolah. Proses kreatif Budi Hariyanto sebagai seniman selalu memperhatikan ide, tema, dan media dalam melukis. Budi Hariyanto dalam berkarya terdapat beberapa fase, yaitu fase persiapan, ingkubasi, illuminasi dan verifikasi. Budi Hariyanto selalu mengangkat kebudayaan Madura dalam lukisannya. (3) Kiprah dan karya Budi Hariyanto dalam dunia pendidikan dan kesenian sudah lumayan bagus. Budi Hariyanto selain menjadi guru juga seorang seniman lukis yang sangat produktif. Sehingga sampai saat ini Budi Hariyanto sering mengadakan pameran tunggal maupun kelompok di Pamekasan.
Kata kunci :Eksistensi, Guru, Seniman Lukis, Madura.
ABSTRACT
This research aimed to reveal (1) Budi Hariyanto profile as a teacher as well as a painting artist in Pamekasan. (2) Budi Hariyanto creative process as a teacher as well as a painting artist in Pamekasan. (3) The Gait and Budi Hariyanto work as a teacher as well as a painting artist in Pamekasan. To achieve these objectives the authors use descriptive qualitative research with methods including: observation or observation, interviews and documentation and then analyzing the data, to achieve data validity using data triangulation.
The results of this research revealed that, (1) Budi Hariyanto is a child from an unpretentious family, and he loves drawing since he was child. Budi Hariyanto took his bachelor and master degree in IKIP Surabaya, and he is now a teacher at SMA Negeri 1 Pademawu Pamekasan (2) Budi Hariyanto creative process at school is teaching, and Budi Hariyanto often takes students to study about art outside the school. Budi Hariyanto creative process as an artist always pays attention to ideas, themes, and media in painting. Budi Hariyanto in his work there are several phases, namely the preparation, incubation, illumination and verification phases. Budi Hariyanto always takes Madura culture in his paintings. (3) The Gait and work of Budi Hariyanto in the world of education and the arts are good enough. Besides being a teacher. Budi Hariyanto is also a very productive painting artist so that he often holds solo or joint exhibitions in Pamekasan.
Keywords: Existence, Teacher, Artists Painting, Madura