Analisis Kinerja Jalan Berdasarkan MKJI 1997 pada Segmen Jalan Taman-Waru Arah Pergerakan Krian ke Surabaya
Road Performance Analysis based on MKJI 1997 of Taman-Waru Street Krian-Surabaya Movement
Abstrak
Pertumbuhan suatu daerah mengakibatkan peningkatan ekonomi yang juga menyebabkan mobilitas masyarakat meningkat sehingga menimbulkan pergerakan lalu lintas yang cukup tinggi dengan kinerja jalan yang tetap. Jalan Taman-Waru adalah jalan nasional yang terletak di Kecamatan Taman, Sidoarjo yang merupakan kawasan industri. Di sekitar Jalan Taman-Waru terdapat kantor, gudang, dan pabrik sehingga jalan tersebut memiliki produktivitas yang tinggi serta pembauran lalu lintas yang dapat mempengaruhi kinerja jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kinerja pada segmen Jalan Taman-Waru arah pergerakan Krian ke Surabaya sesuai dengan standar MKJI 1997.Kinerja jalan di dapat terlebih dahulu dengan mencari nilai kapasitas, derajat kejenuhan, dan kecepatan arus bebas.Dari hasil perhitungan dan analisa pada segmen Jalan Taman-Waru arah pergerakan Krian ke Surabaya didapatkan nilai kapasitas jalan sebesar 3648 smp/jam dan derjat kejenuhan pada hari kamis, jum’at, sabtu dan rabu secara berturut-turut adalah 1,51; 1,13; 1,28; dan 1,73. Kecepatan arus bebas sebesar 71,89 km/jam dan kecepatan rata-rata pada hari kamis, jum’at, sabtu, dan rabu secara berturut-turut adalah 39,41 km/jam; 47,92 km/jam; 44,73 km/jam; 29,59 km/jam. Kinerja jalan pada segmen Jalan Taman-Waru arah pergerakan Krian ke Surabaya termasuk dalam kategori indeks tingkat pelayanan F dimana kecepatan kendaraannya relatif rendah, arus lalu lintas sering terhenti yang menyebabkan antrian kendaan yang panjang.
Kata Kunci: Derajat Kejenuhan, Kapasitas, Kecepatan Arus Bebas, Kinerja Jalan
Abstract
Regional growth results in economic improvement that also led to the growth of public mobility. Moreover, it's occurring a packed traffic movement with a fixed road performance. Taman-Waru Street is one of the national road networks that undergo transportation problems. Taman-Waru Street located at Taman District, Sidoarjo that serves as an industrial area. There are offices, warehouses, and factories, that lead to high productivity on Taman-Waru Street and intermingling of traffic that can affect road performance. This research aims to find out the performance analysis on the segments of Taman-Waru Street for Krian - Surabaya movement, according to the MKJI 1997. Road performance measured by the value of capacity, degree of saturation, and free-flow speed. Based on the results of the calculations and analysis on the segments of Taman-Waru Street for Krian - Surabaya, the value of road capacity is 3648 pcu/hour, and the degree of saturation on Thursday, Friday, Saturday and Wednesday respectively are 1,51; 1,13; 1,28; and 1,73. Furthermore, free-flow speed is 71,89 km/h and the average speed on Thursday, Friday, Saturday, and Wednesday respectively are 39,41 km/h; 47,92 km/h; 44,73 km/h; 29,59 km/h. Road performance in the segment of the Taman-Waru Street for Krian - Surabaya movement belongs to the category of service level index, grade F. It is known that the speed of the vehicle relatively low and traffic flow often halted which causes long vehicle queues.
Keywords: Degree of Saturation, Capacity, Free Flow Speed, Road Performance