ABSTRAK
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI INKUIRI UNTUK MELATIHKAN LITERASI SAINS PADA SUBMATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LAJU REAKSI
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk melatihkan literasi sains berdasarkan kelayakan yang ditinjau dari validitas isi, validitas konstruk, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan metode Research and Development (R&D) adaptasi Sugiyono (2015) yang dibatasi hingga tahap uji coba terbatas. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi isi dan konstruk, lembar tes hasil belajar (pretest dan posttest), serta lembar aktivitas dan respon peserta didik. LKPD diuji cobakan kepada 12 orang peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Krian. Hasil penelitian menunjukkan LKPD yang dikembangkan valid ditinjau dari hasil validitas isi dan konstruk yang memperoleh persentase dengan rentang antara 80% - 93,33% dengan rentang kategori antara layak hingga sangat layak. Kepraktisan ditinjau dari hasil respon peserta didik yang didukung dengan data hasil observasi aktivitas peserta didik yang memperoleh persentase dengan rentang antara 83,33% - 100% dengan kategori sangat praktis. Kefektifan ditinjau dari peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik yang memperoleh peningkatan skor n-gain dengan rentang antara 0,65 - 0,82 dengan rentang kategori antara sedang hingga tinggi yang didukung dengan hasil ketuntasan peserta didik yang memperoleh nilai persentase sebesar 100% dengan kategori tuntas.
Kata Kunci : LKPD, Literasi Sains, Inkuiri, Faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi
ABSTRACT
THE DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEET INQUIRY ORIENTED TO PRACTICE SCIENTIFIC LITERACY ON FACTORS THAT AFFECTING REACTION RATES SUBMATTER
This study aims to develop student worksheets to practice scientific literacy based on feasibility in terms of content validity, construct validity, practicality, and effectiveness. The type of this reasearch refers to the method of Research and Development (R&D) adaptation of Sugiyono (2015) which was confined only to preliminary field testing stage. The instrument that is used were content and construct validation sheets, learning outcomes test (pretest and posttest), student activities sheets and student responses sheets. This worksheets was tested on 12 students of 11th grade in SMA Negeri 1 Krian. The result showed that the developed worksheets was valid viewed from content and construct validity that obtained a percentage in the range between 80% - 93.33% with range of categories between valid and very valid. Practically viewed from the result of student responses which supported by observational student activities that obtained a percentage in the range between 83.33% - 100% with very practical category. Effectiveness viewed from increasing student scientific literacy score through increasing n-gain that obtained scores in the range between 0.65 - 0.82 with range of categories between medium to high which is supported by the results of students completeness that obtained a percentage of 100% with complete category.
Keywords: Worksheets, Scientific Literacy, Inquiry, Factors that Affecting Reaction Rates