Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif NHT, aktivitas siswa, melatihkan keterampilan metakognitif siswa, dan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Subyek penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan One group pre-test post-test design. Perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa, lembar soal tes hasil belajar dan metakognitif siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, rubrik lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar angket inventori metakognitif, rubrik inventori metakognitif, kisi-kisi keterampilan metakognitif yang dilatihkan melalui model pembelajaran kooperatif NHT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran kooperatif NHT pada 2 pertemuan tiap fasenya memperoleh persentase 91,67%; 75%; 100%; 83,33%; 83,33%; 100%, dan 91,67%; 83,33%; 100%; 83,33%; 100%; 100%, dengan kategori baik dan sangat baik. 2) Aktivitas siswa yang relevan terhadap proses pembelajaran memperoleh persentase pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 masing-masing sebesar 91,88%. Aktivitas siswa paling dominan pada pertemuan 1 dan 2 adalah siswa mengerjakan soal evaluasi secara individu (evaluating skills) dengan persentase 10% dan 10,74%. 3) Keterampilan metakognitif mengalami peningkatan yang baik ditunjukkan dengan sebanyak 26 siswa mendapatkan N-gain dengan kategori tinggi. 4) Hasil belajar siswa memperoleh persentase ketuntasan sebesar 84,85%.
Kata kunci: NHT, Keterlaksanaan, Aktivitas, Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar
This research is intended to describe the feasibility of cooperative NHT learning model, student activity, student’s metacognitive skills, and learning result at rate of reaction matter. The subject of this research are 33 students of grade XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Sidoarjo. This research use One group pre-test post-test design. The learning tools used are : syllabus, learning implementation plan, student worksheet, learning result and metacognitive test questionnaire. The research instrument used are : learning schedule observation sheet, learning schedule rubric, student activity observatin sheet, metacognitive inventory questionnaire, metacognitive inventory rubric, metacognitive skill grille which is trained through cooperative NHT. The result of this research show : 1) The NHT cooperative learning model at 2 meetings each phase obtained a percentage of 91.67%; 75%; 100%; 83.33%; 83.33%; 100%, and 91.67%; 83.33%; 100%; 83.33%; 100%; 100%, with good and very good categories. 2) Student activities that are relevant to the learning process obtain a percentage at first and second meetings of 91.88%. The most dominant student activity at first and second meeting is students working on individual evaluation questions (evaluating skills) with a percentage of 10% and 10.74%. 3) Metacognitive skills improve well as indicated by 26 students getting N-gain in the high category. 4) Student learning result obtain a percentage of completeness of 84.85%.
Keywords: NHT, Feasibility, Activity, Metacognitive skills, Learning Result