Analisis Kemampuan Literasi Iklim Siswa Kelas XI SMA di Surabaya
Analysis on Climate Literacy Capacity of Level XI High School Students in Surabaya
Permasalahan iklim yang terjadi saat ini menyebabkan kerusakan infrastruktur dan berbagai elemen kehidupan lainnya. Sebagai calon pemimpin masa depan, siswa perlu memahami dan menanggapi efek dari perubahan iklim. Seseorang yang memiliki literasi iklim akan mampu meningkatkan kemampuan dan kapasitas dirinya untuk menghadapi tantangan iklim di masa depan. Literasi iklim adalah pemahaman tentang pengaruh untuk diri dan masyarakat terhadap iklim. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran akan literasi iklim siswa SMA di Surabaya secara umum dan setiap indikator dalam aspek kompetensi iklim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes literasi iklim. Penilaian kemampuan literasi iklim siswa dilakukan dengan memberikan skor secara manual dari hasil jawaban dari soal sesuai aturan penilaian yang terdapat dalam rubrik penilaian dan capaian hasil dengan kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Sampel penelitian adalah 107 orang siswa kelas XI di SMAN 22 Surabaya. Berdasarkan penelitian, indikator untuk mengidentifikasi secara ilmiah adalah rendah dengan persentase skor 48,9%. Adapun indikator untuk menjelaskan fenomena ilmiah memperoleh skor 74,5% berkriteria sedang. Dan indikator untuk menggunakan bukti ilmiah sebesar 68,6% berkriteria sedang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan siswa memiliki kemampuan literasi iklim yang sedang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan kemampuan literasi iklim siswa kelas XI SMAN 22 Surabaya berkategori sedang dengan persentase skor rata-rata 64%
The climate problem today caused damage to infrastructures and many other living elements among mankind. As the prospected future leaders, students need to understand and to respond the effects of climate change. A person with climate literacy may enhance their ability and capacity to face climate challenges in the future. Climate literacy is the understanding of the influence of self and society on the climate. This research is conducted to give a general picture of climate literacy among high school students in Surabaya and each indicator in climate competency aspects. The methodology used in this research is a descriptive qualitative method. The research instrument used in this research is a climate literacy test. The valuation of climate literacy capacity of the students being done by giving scores manually from the test answers according to the scoring guideline in the scoring rubric and achievement results with categories as very high, high, moderate, low, and very low. The research samples are 107 high school students at level XI in SMAN 22 Surabaya (Public High School 22 Surabaya). According to the research, the students’ indicator in scientific identifying is low with a score percentage of 48.9%. The students’ indicator in explaining the scientific phenomenon is moderate with a score of 74.5%, while students’ indicator score in using scientific evidence is moderate with 68.6%. It could be said that high school students in SMAN 22 Surabaya as a whole have a moderate climate literacy capacity with a percentage score of 64%.