PENERAPAN COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
ABSTRAK
Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah peneliti lakukan kepada mahasiswa FIP UNESA, bahwa terdapat 4 mahasiswa yang mengalami prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan prokrastinasi akademik mahasiswa FIP angkatan 2015 dan angkatan 2016 dengan menggunakan strategi konseling indivdu cognitive restructuring. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, bentuk desain penelitian ini adalah one group pre-test design – post-test design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket prokrastinasi akademik, Subjek penelitian ini adalah 4 mahasiswa FIP angkatan 2015 dan 2016 UNESA. Teknik analisis data menggunakan statistic non parametric dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk menguji perbedaan signifikansi terhadap kelompok eksperimen yang diberikan perlakukan Cognitive Restrukturing. Berdasarkan hasil perhitungan diatas, mean pre-test sebesar 117 dan mean post-test 103,2 dan selisih antara mean pre-test dan mean post-test adalah sebesar 13,8. Hasil penelitian, output “test statistics” diatas diketahui nilai Z yang didapat sebesar -1,826 dengan p value (Asymp. Sig. 2-tailed) = 0,068. Dimana Lebih dari batas kritis penelitian karena nilai 0,048 lebih besar dari <0,05, sehingga dapat diputuskan bahwa Ha diterima, artinya ada perbedaan hasil prokrastinasi akademik untuk pre-test dan post-test, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Penerapan Cognitive Restructuring dapat menurunkan prokrastinasi akademik Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya”.
Kata Kunci : Cognitive Restrukturing, Prokrastinasi Akademik
IMPLEMENTATION OF COGNITIVE RESTRUCTURING TO REDUCE ACADEMIC PROCRASTINATION IN STUDENTS OF EDUCATION FACULTY STATE UNIVERSITY OF SURABAYA
Abstract
Based on the results of a preliminary study that researchers have done to Education Faculty State University of Surabaya students, there are 4 students who have experienced academic procrastination. This study aims to reduce the academic procrastination of 2015 and class 2016 Education Faculty State University of Surabaya students by using an independent cognitive restructuring counseling strategy. This type of research is quantitative research with an experimental method, namely the form of this research design is a group of pre-test design - post-test design. The data collection tool used was the academic procrastination questionnaire. The subjects of this study were 4 2015 and 2016 Education Faculty students from State University of Surabaya. Data analysis techniques used non-parametric statistics with the Wilcoxon Signed Rank Test to test the significance of the experimental group treated with Cognitive Restructuring. Based on the calculation results above, the average pre-test was 117 and the post-test average was 103,2 and the difference in the pre-test average and the mean post-test was 13.8. The results of the study, the output of "statistical test" above the value of Z obtained is -1,826 with p value (Asymp. Sig. 2-tailed) = 0,068. Where more than 0.05, it can be decided that Ha, is there a difference in the results of academic procrastination for the pre-test and post-test, it can be concluded that "The implementation of Cognitive Restructuring can reduce academic procrastination at the Faculty of Education Students of Surabaya State University".
Keywords : Cognitive Restructuring, Academic Proscrastination