Pertanian merupakan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan masyarakat untuk menghasilkan
bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Hasil
pertanian pun beraneka ragam seperti padi, kacang-kacangan, jagung, dan lain sebagainya. Namun,
terdapat permasalahan pada bidang pertanian yaitu sulitnya dalam proses transaksi jual beli. Ketika
pembeli ingin mengetahui tentang produk pertanian yang diinginkan, mereka harus mendatangi langsung
ke penjual. Untuk melakukan penjualan dan pembelian pun masyarakat memerlukan waktu yang lama.
Adanya permasalahan tersebut mendorong terbentuknya aplikasi tanidesaku yang dibangun dengan
menggunakan metode waterfall. Aplikasi tanidesaku akan memberikan kemudahan dalam melakukan
transaksi jual beli dan menjadi lebih efektif. Berdasarkan hasil uji coba pada pihak pengguna didapatkan
hasil kuisioner sebagai berikut dalam segi kemudahan yaitu 61,71% , segi pemakaian 82,57%, dan segi
kenyamanan 83,30% . Dari hasil uji coba tersebut disimpulkan bahwa dengan interpretasi ‘sangat baik’
aplikasi dapat diterapkan dan lebih memudahkan masyarakat untuk melakukan proses jual beli produk
pertanian.
Kata Kunci : pembeli, penjualan, tanidesaku.
Agriculture is the use of biological resources by the community to produce food, industrial raw materials, or
energy sources, and to manage their environment. Agriculture products also vary, such as rice, beans, corn,
and so forth. However, there is a problem in agriculture, namely the difficulty in the process of buying and
selling transactions. When buyers want to know about the desired agricultural products, they must go
directly to the seller. To make a sale and purchase also requires a long time. The existence of these problems
encourages the formation of tanidesaku application which was built using the waterfall method. Tanidesaku
application will provide convenience in making buying and selling transactions and be more effective. Based
on the results of trials on the part of users obtained the following questionnaire results in terms of ease,
namely 61.71%, 82.57% usage terms, and 83.30% comfort aspects. From the results of the trial it was
concluded that with the interpretation of ‘very good’ the application could be applied and made it easier for
the public to carry out the process of buying and selling agricultural products.
Keywords: buyers, sales, tanidesaku