UJI KINERJA BAHAN BAKAR BIOETANOL DARI UMBI GANYONG (CANNA EDULIS KERR) SEBAGAI CAMPURAN PREMIUM PADA SEPEDA MOTOR SUPRA X 125
PERFORMANCE TEST OF BIOETANOL FUEL FROM CANNA TUBERS (CANNA EDULIS KERR) AS PREMIUM MIXED ON SUPRA X 125 MOTORCYCLES
Di Indonesia pemakaian sumber energi minyak bumi masih sangat tinggi, bahkan semakin meningkat pesat. Pemakaian BBM sebagai bahan bakar belumlah dapat tergantikan oleh sumber energi jenis lainnya. Bioetanol dapat digunakan untuk bahan bakar pengganti subtitusi bensin. Bioetanol bisa dijadikan campuran bahan bakar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui campuran bioetanol dan premium yang optimal sebagai bahan bakar sepeda motor.
Obyek penelitian adalah sepeda motor Honda Supra X 125 dan bahan bakar bioetanol. Dengan menggunakan putaran mesin 1500 rpm – 8500 rpm dengan range 500 rpm. Penelitian ini menggunakan metode pengujian kecepatan berubah pada katup karburator terbuka penuh (Full Open Throttle Valve) yang berpedoman pada standar SAE J 1349. Sedangkan untuk pengujian konsumsi bahan bakar menggunakan SNI 7554:2010, densitas menggunakan standar ASTM D1298, nilai kalor ASTM D240, viskositas ASTM D445, dan titik nyala ASTM D93.
Hasil pengujian karakteristik bahan bakar premium nilai kalor 8800 Kcal/kg, viskositas 3,0 cSt, flash point 27˚C, densitas 0,717 gr.cm². E20 nilai kalor 9683,04 Kcal/kg, viskositas 3,4 cSt, flash point 32˚C, densitas 0,802 gr.cm². E25 nilai kalor 9676,44 Kcal/kg, viskositas 4,3 cSt, flash point 33˚C, densitas 0,804 gr.cm². E30 nilai kalor 9406,30 Kcal/kg, viskositas 4,6 cSt, flash point 33˚C, densitas 0,812 gr.cm². E35 nilai kalor 9077,78 Kcal/kg, viskositas 4,6 cSt, flash point 35˚C, densitas 0,811 gr.cm². Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan biopremium E20 pada motor Supra X 125 tahun 2010 lebih baik dibandingkan menggunakan bahan bakar premiun murni dari segi kinerja motor. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan torsi menjadi 0,62 kgf.m dengan presentase 0,72% pada 5000 rpm. Daya efektif menjadi 8,18 PS dengan presentase 2,54% pada 6500 rpm. Konsumsi bahan bakar menjadi 0,486 kg/jam dengan presentase penurunan 13,37% pada 5000 rpm. Efisiensi Thermal menjadi 91,9% dengan peningkatan sebesar 5,52% pada 5000 rpm.
Kata kunci : bahan bakar, bioetanol, biopremium, kinerja mesin
In Indonesia, the use of petroleum energy sources is still very high, even increasing rapidly. The use of fuel as fuel cannot be replaced by other types of energy sources. Bioethanol can be used as a substitute fuel for gasoline. Bioethanol can be used as a fuel mixture. The purpose of this study was to determine the optimal bioethanol and premium mixture as a motorcycle fuel.
The research object is a Honda Supra X 125 motorcycle and bioethanol fuel. By using an engine speed of 1500 rpm - 8500 rpm with a range of 500 rpm. This research uses the changing speed test method on a fully open carburetor valve (Full Open Throttle Valve) which is guided by the SAE J 1349 standard. Meanwhile, for testing fuel consumption using SNI 7554: 2010, the density uses the ASTM D1298 standard, the calorific value of ASTM D240, and viscosity. ASTM D445, and ASTM D93 flashpoint.
The test results for the characteristics of premium fuel, the calorific value of 8800 Kcal/kg, viscosity 3.0 CST, flash point 27˚C, density 0.717 gr.cm². E20 calorific value 9683.04 Kcal / kg, viscosity 3.4 CST, flash point 32˚C, density 0.802 gr.cm². E25 calorific value 9676.44 Kcal / kg, viscosity 4.3 CST, flash point 33˚C, density 0.804 gr.cm². E30 heating value 9406.30 Kcal / kg, viscosity 4.6 CST, flash point 33˚C, density 0.812 gr.cm². E35 calorific value 9077.78 Kcal / kg, viscosity 4.6 CST, flash point 35˚C, density 0.811 gr.cm². Based on the research results, it can be concluded that the use of biopremium E20 on the Supra X 125 motorbike in 2010 is better than using pure premium fuel in terms of motor performance. This is evidenced by the increase in torque to 0.62 kgf.m with a percentage of 0.72% at 5000 rpm. Effective power becomes 8.18 PS with a percentage of 2.54% at 6500 rpm. Fuel consumption becomes 0.486 kg/hour with a percentage reduction of 13.37% at 5000 rpm. Thermal efficiency becomes 91,9% with an increase of 5.52% at 5000 rpm.
Keywords: fuel, bioethanol, biopremium, engine performance