ABSTRAK
PENGARUH MEDIA KOTAK PINTAR
TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10
KELOMPOK A DI TK BAHRUL ULUM
DUKUH MENANGGAL V-B/21 SURABAYA
Nama : Megawati Putri Wijayanti
NIM : 15010684001
Program Studi : S-1
Jurusan : PG-PAUD
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Mas’udah, M.M.Pd
Penelitian pada anak kelompok A di TK Bahrul Ulum Dukuh Menanggal V-B/21 Surabaya ini dilatarbelakangi oleh kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 anak yang masih perlu adanya pemberian stimulasi dan juga perlu dikembangkan, sehingga peneliti memberikan solusi berupa media kotak pintar yang dapat memotivasi anak-anak dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh penggunaan media kotak pintar terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 kelompok A TK Bahrul Ulum Dukuh Menanggal V-B/21 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang yang digunakan pada penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 44 anak yaitu 22 anak kelas A1 dan 22 anak kelas A2 TK Bahrul Ulum Dukuh Menanggal V-B/21 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Indikator penilaian yang digunakan pada penelitian ini yaitu 1) anak mampu mengurutkan lambang bilangan 1-10, 2) Anak mampu membilang kartu angka 1-10, 3) Anak mampu mencocokkan lambang bilangan dengan jumlahnya, 4) Anak mampu memasangkan lambang bilangan sesuai dengan kartu angka. Penggunaan media kotak pintar dalam kegiatan treatment dilakukan sebanyak dua kali.
Berdasarkan dari hasil penelitian rata-rata sebelum diberikan perlakuan (pretest) yaitu 8,81, sedangkan dari hasil penelitian rata-rata sesudah perlakuan (postest) yaitu 13,90. Teknik analisis data melalui uji Mann-U Whitney diperoleh nilai sig sebesar 0,045 dimana nilai ini lebih kecil dari batas alpha sig 0,05 sehingga diperoleh kesimpulan bahwa media kotak pintar berpengaruh terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Bahrul Ulum Surabaya.
Kata Kunci : media kotak pintar, mengenal lambang bilangan
1-10.
ABSTRACT
THE EFFECT OF SMART BOX MEDIA
ON THE ABILITY
TO RECOGNIZE THE SYMBOL OF NUMBER 1-10
GROUP A OF BAHRUL ULUM
Name : Megawati Putri Wijayanti
Reg. Number : 15010684001
Study Program : S-1
Department : Teacher Education- Early Childhood Education
Faculty : Faculty of Education
Name of Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dra. Mas’udah, M.M.Pd
The research conducted to students in Group A of Bahrul Ulum Kindergarten Dukuh Menanggal V-B/21 Surabaya was motivated by children’s ability to recognize the numbers of 1-10 that needs to be stimulated and developed. Thus, the researcher provided a solution in the form of smart box media which can motivate the children in learning activity. This research aims to prove whether the use of smart box media gives an effect or not towards children’s ability to recognize numbers 1-10 in Group A of Bahrul Ulum Kindergarten Dukuh Menanggal V-B/21 Surabaya.
This research used descriptive of quantitative with the type of Quasi Eksperimental Design and Nonequivalent Control Group Design. The population of subject in this research was 44 students that was divided into two class; A1 Class consisted of 22 students and A2 Class consisted of 22 students. The data collection techniques used were test, observation, and documentation. The assessment indicators that were used, such as 1) Children are able to put in right order the numbers of 1-10, 2) Children are able to mention the name of numbers 1-10 in the cards, 3) Children are able to match the symbol of number with the total of number, 4) Children are able to pair the symbol of number according to the number cards. The treatment of the use of smart box media was conducted twice.
Based on the results of the average research before being given treatment (pretest) that is 8.81, while the results of the study average after treatment (posttest) is 13.90. The data analysis technique through the Whitney Mann-U test obtained a sig value of 0.045 where this value was smaller than the alpha sig 0.05 limit so it was concluded that smart box media had an effect on the ability to recognize 1-10 numbers in group A at Bahrul Ulum Kindergarten Surabaya.
Keywords: smart box media, recognize the symbols of numbers 1-10.