Compound Words Used on Food and Beverage Names in J.CO Donuts & Coffee
Pemilihan nama makanan dan minuman pada daftar menu menjadi bagian penting dari strategi pemasaran. Satu-satunya tujuan adalah untuk menarik lebih banyak konsumen. Oleh karena itu, beberapa bisnis kuliner seperti restoran, kafe, atau kedai makanan menyediakan daftar menu yang ditulis dalam bahasa Inggris dan dengan cara yang unik, baik dengan menggabungkan kata-kata atau membentuk kata baru. Bagian dari pembentukan kata yang berfokus pada penggabungan beberapa kata disebut kata majemuk. Setiap kata memang memiliki makna sehingga kata-kata majemuk juga dapat dihubungkan dengan diskusi makna.
Penelitian ini berfokus pada proses pembentukan kata majemuk yang digunakan pada nama makanan dan minuman di J.CO Donuts & Coffee. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan pembentukan kata majemuk yang digunakan dalam nama makanan dan minuman serta untuk mengklasifikasikan jenis dan arti semantiknya. Selain itu, tujuan studi ini untuk menemukan jenis referensi yang ditemukan dalam nama makanan dan minuman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan beberapa teori dari Delahunty dan Garvey (2010) dan Lieber (2009) untuk menemukan proses pembuatan kata majemuk serta jenis dan makna semantiknya. Penelitian ini juga menerapkan teori Ogden & Richards (1946) untuk mengidentifikasi jenis referensi dengan menggunakan segitiga semantik. Dalam memperoleh analisis data, beberapa proses analisis dilakukan, yaitu: (1) menggambarkan pembentukan masing-masing nama, (2) mengklasifikasikan nama berdasarkan kelasnya dalam kategori majemuk, (3) menemukan makna masing-masing nama kemudian mengkategorikannya sesuai dengan jenis dan makna semantik, (4) menemukan jenis referensi dengan menggunakan segitiga semantik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa makanan dan minuman dibentuk dari kata benda majemuk, kata sifat majemuk, dan majemuk neoklasik dengan tiga klasifikasi yaitu morfem ganda, kata majemuk ganda, dan tanpa morfem ganda dan majemuk ganda. Dalam jenis dan makna semantik, ditemukan majemuk endosentris dengan makna transparan dan majemuk eksosentris dengan makna opak (tidak jelas). Sementara dalam kasus referensial, hubungan langsung dan tidak langsung ditemukan. Ada juga tiga jenis referensi yang digunakan pada nama makanan dan minuman. Dengan memahami proses pembentukan kata majemuk pada makanan dan minuman, maka konsumen akan mudah untuk menentukan makanan dan minuman yang akan dibeli.
Kata kunci: kata majemuk, majemuk endosentris dan eksosentris, makna transparan dan opak, teori referensial, nama makanan dan minuman
Opting for food and beverage names on the menu list becomes a significant part of the marketing strategy. The only aim is to attract more consumers. Therefore, several culinary businesses such as restaurants, cafes, or food stalls provide menu lists written in English and in a unique way either by combining words or forming a new word. Part of word-formation that focuses on combining words is compound word which is usually called compounding. Each word has a meaning indeed so that the compound words can also be connected to the meaning discussion.
This study focuses on compound words process used on food and beverage names in J.CO Donuts & Coffee. The purpose of the study is to depict the formation of compound words used in food and beverage names as well as to classify its semantic types and meanings. Besides, it is to discover the types of referent found in food and beverage names. This study applies a descriptive qualitative method and uses several theories from Delahunty and Garvey (2010) and Lieber (2009) for discovering compound words processes, semantic types, and meaning. Moreover, this study also applies theory of Ogden & Richards (1946) for examining the types of referent by using a semantic triangle. In gaining the data analysis, several processes of analysis are done, they are: (1) describing the formation of each name, (2) classifying the names based on its classes in compound category, (3) finding the meaning of each name then categorize it according to the semantic types and meaning, (4) discovering the types of referent by using a semantic triangle.
The result shows that food and beverage are formed from compound nouns, compound adjectives, and neo-classical compounds with three classifications namely double morpheme, double compound words, and without double morpheme and double compound. In semantic types and meanings, there are found endocentric compound with transparent meaning and exocentric compound with opaque meaning. While in referential cases, direct relation and indirect relation are found. There are also three types of referent used in food and beverage names. By grasping the compound words process of food and beverage names as well as the relation between the name and thing, the consumers will be easy to determine the food and beverages to be purchased.
Keywords: compound words, endocentric and exocentric compound, transparent and opaque meaning, referential theory, food and beverage names