ABSTRAK
Mumtahana, Ana. 2020. Pengembangan
Konten Pembelajaran dalam Media Berbasis Komputer dengan Articulate Storyline
untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn pada Siswa Kelas III SD. Tesis, Program
Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri
Surabaya, Pembimbing (1) Prof. Dr.
Maria Veronika Roesminingsih dan (2) Dr. Totok Suyanto, M. Pd.
Kata kunci: Media, Berbasis
Komputer, Articulate Storyline , Hasil
Belajar, PPKn.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
kurang tersedianya media pembelajaran yang digunakan oleh guru sebagai alat
untuk menyampaikan informasi pengetahuan kepada siswa. Materi dalam pelajaran
PPKn dirasakan sebagai beban yang hanya menambah hafalan bagi sebagian siswa.
Proses pembelajaran juga masih berpusat pada guru sehingga nilai hasil belajar
PPKn masih belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
produk berupa media berbasis komputer dengan Articulate Storyline pada muatan
mata pelajaran PPKn tentang memahami makna bersatu dalam keberagaman di
lingkungan sekitar. Jenins penelitian yang digunakan adalah penelitian dan
pengembangan menggunakan model 4D (Four-D Models) dengan melaksanakan beberapa
tahap meliputi tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran.
Rancangan penelitian yang digunakan yaitu quasi
eksperimental group design . Subjek penelitian pengembangan media ini adalah
siswa kelas IIIA sebagai kelas control dan kelas IIIB sebagai kelas eksperimen
di SDN Alun Alun Contong I/87 Surabaya.
Berdasarkan hasil penilaian dari ahli
materi dan ahli media terhadap konten pembelajaran dalam media berbasis
komputer diperoleh nilai dengan kategori “sangat valid”, Perangkat pembelajaran
“praktis” berdasarkan keterlaksanaan RPP. Berdasarkan analisis data hasil tes
belajar siswa menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes
belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan media berbasis komputer dengan
kelas kontrol yang tidak menggunakan media berbasis komputer, dan hasil
rata-rata nilai posttest, serta
persentase kenaikan nilai pretest-posttest
pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Dari analisis data di
atas dapat disimpulkan bahwa konten pembelajaran dalam media berbasis komputer
dengan Articulate Storyline valid,
praktis dan efektif dapat meningkatkan hasil
belajar PPKn pada siswa kelas III SD.