PENGARUH HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI, MATEMATIKA EKONOMI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERASI
THE EFFECT OF INTRODUCTION TO ACCOUNTING LEARNING RESULT, ECONOMIC MATHEMATICS ON ACCOUNTING UNDERSTANDING LEVELS OF ACCOUNTING EDUCATION OF STUDENTS ON STATE UNIVERSITY OF SURABAYA WITH LEARNING MOTIVATION AS MODERATION VARIABLES
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh hasil belajar pengantar akuntansi terhadap tingkat pemahaman akuntansi, untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh hasil belajar matematika ekonomi terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan pengaruh tidak langsung motivasi belajar memperkuat atau memperlemah pengaruh hasil belajar pengantar akuntansi, matematika ekonomi terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Surabaya yang berjumlah 97 responden. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil belajar pengantar akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi (2) hasil belajar matematika ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi (3) motivasi belajar tidak mampu memoderasi hasil belajar pengantar akuntansi terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dan (4) motivasi belajar tidak mampu memoderasi hasil belajar matematika ekonomi terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Abstract
The aims of this study was to analyze the significant result of the introduction of learning accounting on the levels of understanding. This research focuses on the analysis of the effect of learning economics mathematics on the accounting understanding and the impact of learning motivation whether strenghthens or weakens on the result of learning accounting, economics mathematics on the understanding of accountancy. The respondents consisted of 97 students studying accounting at state university of Surabaya. This research was used quantitative research method and purposive sampling technique. The instruments was used questionnaire and documentation. The results of this study indicate that (1) introductory accounting learning outcomes have a positive and significant effect on the level of accounting understanding (2) economic mathematics learning outcomes have a positive and significant effect on the level of accounting understanding (3) learning motivation is not able to moderate the learning outcomes introducing accounting to the level of understanding accounting, and (4) learning motivation is not able to moderate the learning outcomes of economic mathematics on the level of accounting understanding.