PENGARUH GAME BELAJAR MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN USIA 5-6 TAHUN
Membaca permulaan adalah kemampuan linguistik anak untuk mengenal berbagai jenis huruf dan nantinya akan menjadi bekal untuk jenjang pendidikan selanjutnya. Kemampuan membaca permulaan bisa ditingkatkan dengan berbagai macam kegiatan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan game yang bernama belajar membaca PAUD TK SD. Media aplikasi game tersebut didesain dengan kombinasi warna yang sangat menarik dan dilengkapi dengan materi pembelajaran membaca yang dapat diunduh. Salah satunya tersedia diponsel layar sentuh (android) melalui layanan play store. Tujuan dibalik penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh permainan game belajar membaca PAUD TK SD di TK Sunan Prapen terhadap kemampuan membaca permulaan usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental design dengan jenis nonequivalen control group design. Populasi penelitian ini ialah anak kelompok B dengan jumlah sampel 36 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik menggunakan paired sample t-test. Hasil perhitungan data menggunakan T-test, dengan taraf signifikansi 0.05 dari jumlah n1=18, dan n2=18 diperoleh hasil dari uji hipotesis bahwa nilai sig (2- tailed) pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga bisa dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data tersebut dinyatakan bahwa ada pengaruh media game belajar membacar terhadap kemampuan membaca permulaan usia 5-6 tahun.
Kata kunci: bahasa, membaca permulaan, media game