THE EFFECT OF MARKET ORIENTATION AND DISTRIBUTION CHANNELS ON MARKETING PERFORMANCE (Study on SMEs in the metal industry in Ngingas Waru Village)
UMKM merupakan salah satu komponen penting dalam perekonomian negara dengan kontribusi yang signifikan. Hal ini dibuktikan oleh peran UMKM yang menyumbang sekitar 61% terhadap PDB Indonesia. Rata-rata omset tertinggi berasal dari sektor industri pengolahan, yang mencapai persentase sebesar 28,25 persen dengan nilai omset mencapai 450 miliar rupiah. Salah satu wilayah yang cukup banyak terdapat UMKM industri pengolahan adalah berada di Desa Ngingas. Desa ini menjadi sentra UMKM industri logam sejak tahun 1930 dan terus berlanjut hingga generasi keempat. Hal ini membuat desa tersebut dijuluki sebagai "Kampung Logam" dengan jumlah UMKM yang awalnya kurang dari seratus menjadi sekitar 220 pada tahun 2023. Namun, peningkatan jumlah UMKM belum diikuti oleh peningkatan omset penjualan, karena kinerja UMKM masih tergolong rendah akibat pengaruh faktor eksternal seperti kebijakan pemerintah dan ekonomi global, serta faktor internal seperti manajemen SDM dan pemasaran. Berdasarkan wawancara pada Maret 2024 dengan kepala desa dan pelaku UMKM, diketahui bahwa meskipun para pelaku usaha di Desa Ngingas sudah berorientasi pasar dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, mereka tetap mengalami fluktuasi penjualan. Oleh karena itu, peningkatan kinerja pemasaran sangat diperlukan agar UMKM di desa ini dapat mempertahankan dan meningkatkan omset secara berkelanjutan. Berdasarkan fenomena tersebut, Penelitian ini memiliki tujuan menganalisa lebih lanjut pengaruh orientasi pasar dan saluran distribusi terhadap kinerja pemasaran UMKM di Desa Ngingas melalui pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian yang disebarkan kepada 70 responden menggunakan teknik purposive sampling. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda yang diolah dengan SPSS 25. Dari hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran dan saluran distribusi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM industri logam Desa Ngingas Waru.
Kata Kunci : Orientasi pasar, saluran distribusi, kinerja pemasaran, UMKM industri logam Desa Ngingas Waru.
MSMEs are one of the important components in the country's economy with a significant contribution. This is evidenced by the role of MSMEs which contribute around 61% to Indonesia's GDP. The highest average turnover comes from the processing industry sector, which reaches a percentage of 28.25 percent with a turnover value of 450 billion Rupiah. One of the areas with quite a lot of processing industry MSMEs is in Ngingas Village. This village has been the center of metal industry MSMEs since 1930, this business has continued until the fourth generation. This makes the village nicknamed the "metal village," with the number of MSMEs increasing from less than a hundred to around 320 in 2023. However, the increase in the number of MSMEs has not been followed by an increase in sales turnover, because the performance of MSMEs is still relatively low due to the influence of external factors such as government policies and the global economy, as well as internal factors such as HR management and marketing. Based on interviews in March 2024 with village heads and MSME actors, it was found that although business actors in Ngingas Village were market-oriented and had collaborated with various parties, they still experienced sales fluctuations. Therefore, improving marketing performance is very necessary so that MSMEs in this village can maintain and increase turnover sustainably. Based on this phenomenon, this study aims to further analyze the influence of market orientation and distribution channels on the marketing performance of MSMEs in Ngingas Village through a quantitative approach with a questionnaire as a research instrument distributed to 70 respondents using a purposive sampling technique. Data processing in this study used multiple linear regression analysis processed with SPSS 25. From the results of the study, it shows that market orientation has a positive and significant influence on marketing performance and distribution channels do not have a significant influence on marketing performance in the metal industry MSMEs of Ngingas Waru Village
Keyword : Market orientation, distribution channels, marketing performance, metal industry UMKM in Ngingas Waru Village