MANAJEMEN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI SMKN 1 SURABAYA
SCHOOL PRINCIPAL MANAGEMENT STRATEGY IN IMPLEMENTING DIGITAL-BASED LEARNING AT SMKN 1 SURABAYA
Abstrak
Teknologi digital dianggap mampu menjadi solusi untuk keberlangsungan pendidikan untuk menyesuaikan dengan zaman. Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan menjadikan inovasi dan pembaharuan yang serba digital dan memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan khususnya di indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Perencanaan strategi kepala sekolah di SMKN 1 Surabaya, Pengorganisasian strategi kepala sekolah di SMKN 1 Surabaya, Pelaksanaan Strategi kepala sekolah di SMKN 1 Surabaya, Mendeskripsikan Pengendalian strategi kepala sekolah di SMKN 1 Surabaya. Dalam rangka memenuhi tujuan tersebut peneliti menggunakan metode metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Kepala Sekolah dalam melaksanakan pembelajaran berbasis digital menggunakan Strategi sebagai berikut: (1) Pengembangan Platform aplikasi Smartklas dalam pembelajaran dan menyediakan dukungan sarana dan prasarana adaptif berteknologi (2) Menyusun struktur pengorganisasian dengan memanfaatkan SDM yang berkompeten dalam pengadaan dan pengembangan Teknologi informasi di sekolah dengan mengkolaborasikan civitas sekolah. (3) Pemanfaatan platform pembelajaran oleh SMKN 1 Surabaya dibekali sarana dan prasarana yang memadai, serta menyediakan peminjaman tablet dari sekolah untuk siswa yang mengalami hambatan pada pelaksanaan pembelajaran berbasis digital. (4) Pengendalian dilakukan dengan adanya supervisi dan penilaian oleh waka kurikulum dalam bentuk melakukan kegiatan observasi dan penilaian terhadap pelaksanaan pembelajaran
Kata kunci : Manajemen Strategi, Pembelajaran, Digitalisasi, Kepala Sekola
Abstract
Digital technology is considered capable of being a solution for the continuity of education to adapt to the times. The use of technology in the world of education makes innovation and renewal all digital and has a positive impact on the development of education, especially in Indonesia. The purpose of this research is to describe the principal's strategic planning at SMKN 1 Surabaya, organizing the principal's strategy at SMKN 1 Surabaya, implementing the principal's strategy at SMKN 1 Surabaya, describing the control of the principal's strategy at SMKN 1 Surabaya. In order to meet these objectives researchers use qualitative methods with a case study approach. Data collection techniques that researchers use are interviews, observation, and document studies. The results of this study indicate that school principals in implementing digital-based learning use the following strategies: (1) Development of the Smartklas application platform in learning and providing adaptive technological support for facilities and infrastructure (2) Developing an organizational structure by utilizing competent human resources in the procurement and development of information technology in schools by collaborating with the school community. (3) The use of learning platforms by SMKN 1 Surabaya is equipped with adequate facilities and infrastructure, as well as providing borrowed tablets from schools for students who experience obstacles in implementing digitalbased learning. (4) Control is carried out by supervising and evaluating by the deputy head of the curriculum in the form of observing and evaluating the implementation of learning
Keywords : Strategy Management, Learning, Digitalization, Headmaster