Peningkatan kompetensi peserta didik merupakan salah satu indikator keberhasilan proses pembelajaran. Media pembelajaran adalah sarana penting untuk menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan mengungkap penggunaan media pembelajaran berupa software Macromedia Flash 8 untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas XI mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Metode pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur dan teknik meta analisis berupa perhitungan effect size dengan mengumpulkan teori-teori terkait kemudian diperkuat dengan 6 data hasil penelitian tentang penggunaan software Macromedia Flash 8 mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan software Macromedia Flash 8 mata pelajaran instalasi penerangan listrik mampu meningkatkan kompetensi siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik, berturut-turut siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,03, 81,12, dan 82,92 dimana ketiganya termasuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil pehitungan effect size memperoleh rata-rata nilai 0,56 dengan kriteria efek besar. Dapat ditarik kesimpulan software Macromedia Flash 8 sangat berpengaruh untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas XI mata pelajaran instalasi penerangan listrik.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Macromedia Flash 8, Kompetensi
Increasing students competence is one of the indicator of succesfull learning process. Learning media is an important means of creating a quality within learning process. This study aims to reveal the use of learning media in form of Macromedia Flash 8 software in improving the competence of class XI students in the subject of electrical lighting installation. The data collection method was carried out by studying literature and meta-analysis techniques in the form of the calculation on the effect size by collecting related theories and then strengthened by 6 research data on the use of Macromedia Flash software 8 in the subject of electrical lighting installation. The results of this study indicate that the use of Macromedia Flash 8 software for electrical lighting installation subjects can improve student competence in the cognitive, affective and psychomotor domains, respectively, students get an average score of 82.03, 81.12, and 82.92 where the three included in the good category. Meanwhile the results of the calculation of the effect size obtained an average value of 0.56 which categorized as a large effects. It can be concluded that Macromedia Flash 8 software is beneficial in improving the competence of class XI students in the subject of electrical lighting installation.
Keywords: Learning Media, Macromedia Flash 8, Competence