Internal Control System on the Provision of People's Business Credit (KUR) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk.
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang ada dalam Bank BRI, serta mengetahui bagaimana sistem pengendalian internal terhadap pemberian kredit KUR melalui pengajuan online yang telah pulih dari masa pemeliharaan sistem. Metode penelitian ini menggunakan Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus, dengan menggunakan teknik pengambilan data yaitu wawancara, dokumentasi, dan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada sistem pengendalian internal pada pemberian kredit KUR melalui pengajuan online yang sudah ada namun belum maksimal. Dengan adanya penelitian ini maka hasil observasi dan usulan terhadap sistem pengendalian internal pada pemberian kredit dengan pengajuan online bisa menjadikkan acuan dalam menjalankan pengajuan online pada pemberian kredit KUR di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk.
Kata Kunci : Sistem pengendalian internal, Pengajuan online, Bank BRI, Kredit Usaha Rakyat (KUR)
This research aims to overcome the problems that exist in BRI Bank, and find out how the internal control system of KUR lending through online submission has recovered from the system maintenance period. This research method uses Qualitative with a Case Study approach, using data collection techniques, namely interviews, documentation, and observation.
The results showed that the internal control system in the provision of KUR credit through online submission already exists but is not optimal. With this research, the results of observations and proposals for the internal control system in granting credit with online submissions can become a reference in carrying out online submissions on KUR loans at PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk.
Keywords : Internal control system, Online submission, BRI Bank, People's Business Credit (KUR)