Membaca Ekstensif Kelas Sepuluh Dalam Hubungannya Dengan Berpikir Kritis
Extensive Reading Of Tenth Graders: In Relation To Critical Thinking
Keywords: Membaca ekstensif, Berpikir kritis, Cornell Critical Thinking Test
Penelitian ini dilakukan untuk menunjukkan bagaimana membaca ekstensif siswa, bagaimana berpikir kritis siswa dan apakah ada hubungan antara membaca ekstensif siswa dan pemikiran kritis mereka. Membaca ekstensif adalah membaca sejumlah besar teks atau bahan di luar kelas dan juga untuk pemahaman umum dengan maksud mendapatkan kesenangan dari teks yang sangat penting untuk pemerolehan ilmu. Sementara berpikir kritis adalah kemampuan untuk berpikir secara rasional dan jelas, memahami hubungan logis antara gagasan. Ada enam puluh peserta penelitian dan mereka adalah siswa kelas sepuluh sekolah menengah atas. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah kuesioner dan tes. Para siswa diminta untuk menjawab kuesioner tentang membaca ekstensif dan tes tentang berpikir kritis. Kuesioner dirancang oleh peneliti sendiri sedangkan untuk tesnya menggunakan Cornell Critical Thinking Test. Hasil dari bacaan ekstensif siswa adalah cukup. Ini menunjukkan bahwa siswa masih memiliki minat dan motivasi yang baik terhadap membaca ekstensif. Sementara hasil tes berpikir kritis siswa adalah rendah. Itu mengindikasikan pasti ada sebabnya. Mungkin mental siswa lelah yang disebabkan banyak pertanyaan yang harus dijawab dalam waktu yang terbatas dan mungkin juga para siswa menjawab pertanyaan dengan sembarangan. Oleh karena itu, hasil dari hubungan antara membaca ekstensif dan berpikir kritis adalah tidak signifikan, dapat disimpulkan tidak ada hubungan diantara keduanya.
Keywords: Extensive reading, Critical thinking, Cornell Critical Thinking Test
This study was conducted to find out how the students’ extensive reading, how the students’ critical thinking and whether any relation between the students’ extensive reading and their critical thinking. Extensive reading was reading of a large number of texts or materials outside classroom and also for general comprehension with intention of getting pleasure from the text that is crucial for acquisition. While critical thinking was the ability to think rationally and clearly, understanding the logical connection between ideas. There were sixty research participants and they were tenth grade students of senior high school. The instruments to collect the data were questionnaire and test. The students were asked to answer the questionnaire about extensive reading and the test about critical thinking. The questionnaire was designed by the researcher itself while for the test used Cornell Critical Thinking Test. The results from the students’ extensive reading indicated that the students still have good interest and motivation toward extensive reading. While the results of students’ critical thinking test were low. That indicated there must be a cause. It might be the students mental hectic which were caused a lot of numbers of questions that had to be done in limited time and also it might be the students answered the questions carelessly. Therefore, the result of the corelation between extensive reading and critical thinking was not significant, it concluded that there was no correlation between both of them.