STRATEGI DALAM MEMBANGUN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA
STRATEGY IN BUILDING SKILLS ENTREPRENEURIAL STUDENTS IN SMA MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA
Program pendidikan kewirausahaan adalah bagian dari sistem pendidikan nasional yang dicanangkan oleh pemerintah sebagai upaya untuk membudayakan kewirausahaan di dalam dunia pendidikan. Akan tetapi masih banyaknya kewirausahaan di sekolah yang kurang efektif bagi para peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuat startegi yang tepat untuk membangun keterampilan berwirausaha Di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Di SMA tersebut banyak program kewirausahaan seperti kuliner dan kerajinan tangan. Perlunya strategi yang bagus untuk mengelolahnya. Rumusan masalahnya adalah bagaimana startegi dalam membangun keterampilan berwirausaha siswa di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diambil melalui guru yang berkaitan dengan program kewirausahaan sekolah dan para peserta didik yang aktif dalam kegiatan kewirausahaan di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya.Hasilnya strategi yang dilakukan adalah dengan pembentukan kelompok. pembelajaran karyawisata. media sosial. Kegiatan kewiraushaaan di SMA Muhammadiyah dianalisis menggunakan teori belajar konstruktivistik dimana siswa akan dikelompokan dengan kelompok tersebut adanya tukar ide. pikiran. dan pengalaman dalam hal kewirausahaan akan membantu dalam perkembangan ketrampilan dalam berwirausaha siswa. Adanya karyawisata menunjang keteampilan kewirausahaan siswa karena siswa langsung berhadapan dengan konsumen yang bervariatif. Tak kalah penting strategi pemasaran melalui media sosial yang efektif di era serba digital ini. Menumbuhkan modal sosial dilihat dari Kepercayaan. jaringan. norma dan nilai. Dapat membantu dalam hal berwiruasaha para peserta didik. Hasilnya dapat membangun keterampilan siswa dalam berwirausaha dengan ketiga strategi tersebut. Dibuktikan dengan hasil pengamatan dan hasil laporan kerja siswa. siswa dapat lebih cekatan dalam menjual produknya dan dapat membuat laporan dengan baik dan benar
The entrepreneurship education program is part of the national education system proclaimed by the government as an effort to cultivate entrepreneurship in the world of education . However. there are still a lot of entrepreneurship in schools that are less effective for students. The purpose of this research is to make the right strategy to build entrepreneurial skills at Muhammadiyah 9 Surabaya high school . At the School There are many entrepreneurship programs such as culinary and handicrafts. The need for a good strategy to manage it. The formulation of the problem is what are the strategies in building student entrepreneurial skills at Muhammadiyah 9 Surabaya high school. This study uses a qualitative method with a case study approach. Data were collected through teachers related to the schools entrepreneurship program and students who were active in entrepreneurial activities at Muhammadiyah 9 Surabaya high school. The result is the strategy adopted is forming groups. field trip learning. social media. Entrepreneurial activities at Muhammadiyah high school are analyzed using constructivist learning theory in which students will be grouped with the group. The exchange of ideas. thoughts. and experiences in entrepreneurship will help in developing students entrepreneurial skills. The existence of field social studies supports students entrepreneurial skills because students are directly dealing with varied consumers. No less important is a marketing strategy through effective social media in this all-digital era. Growing social capital in terms of beliefs. networks. norms and values. Can help in terms of entrepreneurship of students. The results can build students entrepreneurial skills with these three strategies. Evidenced by the results of observations and student work reports. students can be more dexterous in selling their products and can make good and correct reports.